IMG-LOGO
Daerah

Keberkahan Tak Bisa Diukur, Tapi Bisa Dirasakan


Ahad 25 Februari 2018 06:00 WIB
Bagikan:
Keberkahan Tak Bisa Diukur, Tapi Bisa Dirasakan
Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Pesawaran KH Mashum Abror
Bandarlampung, NU Online
Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Pesawaran KH Mashum Abror menilai bahwa hal yang mulai hilang dalam sistem pendidikan saat ini adalah keberkahan dalam mencari ilmu. Keberkahan ilmu sangat penting bagi kemanfaatan ilmu yang dimiliki walaupun keberkahan ilmu tidak bisa dirasionalkan atau diukur dengan angka.

"Keberkahan ilmu itu tidak bisa diukur tapi bisa dirasakan. Untuk mendapatkan keberkahan seseorang harus belajar melalui guru," jelas pria yang akrab disapa Gus Mashum saat berdiskusi bersama Keluarga Mahasiswa NU (KMNU) Unila di kawasan Gedung Meneng Bandarlampung, Sabtu (24/2).

Ia mengingatkan fenomena saat ini banyak orang yang lebih mengedepankan kepintaran daripada keberkahan. Dengan kecanggihan media informasi dan teknologi saat ini, seseorang dapat mendapatkan berbagai ilmu untuk mendapatkan berbagai kepintaran.

"Kepintaran itu bisa dicari. Kalau mau pintar bisa belajar sendiri. Belajar dirumah saja bisa," kata Pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayat Gerning Pesawaran.

Ketika seseorang belajar melalui guru lanjutnya, akan ada ikatan bathin yang kuat antara murid dan gurunya. Untuk mendapatkan keberkahan ilmu lanjutnya, seseorang harus mencontoh Nabi Muhammad dalam mendapatkan ilmu. 
 
"Nabi saja belajar melalui malaikat Jibril," tegasnya.

Keberkahan seseorang dalam mendapatkan ilmu dapat juga terlihat dari perubahan yang terjadi pada dirinya. Keberkahan akan membawa perubahan besar terhadap kehidupan seseorang walaupun belajar dalam jangka waktu sebentar. (Muhammad Faizin/Kendi Setiawan)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG