IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Tiga Kegiatan Awali Kiprah MAUWH Tambakberas

Senin 5 Maret 2018 7:0 WIB
Bagikan:
Tiga Kegiatan Awali Kiprah MAUWH Tambakberas
Jombang, NU Online
Madrasah Aliyah Unggulan KH Abdul Wahab Hasbulloh atau MAUWH Tambakberas Jombang melaksanakan tiga kegiatan sekaligus. Pertama adalah pembukaan pendaftaran penerimaan peserta didik baru tahun 2018. Dilanjut peluncuran album perdana grup musik, serta pemberian santunan bagi ratusan warga yatim dan miskin.

“Untuk pendaftaran peserta didik baru bisa dilakukan secara online melalui website madrasah,” kata Ustadz Mustaufikin, Ahad (4/3). Salah seorang panitia ini kemudian menyampaikan alamat laman madrasah di www.mauwhbahrululum.com. 

Menurut alumnus pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ini, dengan laman tersebut para pendaftar di seluruh Tanah Air bisa dengan mudah mengakses tanpa harus datang secara fisik ke madrasah. 

“Hal ini dilakukan karena banyak siswa-siswi MAUWH yang berasal dari luar Jawa, seperti Sumatera dan Kalimantan,” katanya. Untuk memudahkan calon peserta didik yang berada di luar daerah atau tempat tinggalnya jauh, maka dibukalah pendaftaran secara online, lanjutnya.

Sedangkan pada kegiatan yang berlangsung Sabtu (3/3) di aula madrasah setempat tersebut juga diluncurkan album pertama dari grup musik islami El-Hijaz.

“Album ini merupakan bukti kesungguhan MAUWH dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki para peserta didik,” kata alumnus Pesantren Tremas Pacitan tersebut.

Dengan peluncuran album ini diharapkan akan banyak lagi bakat peserta didik yang akan bisa ditampilkan dalam sebuah karya dan prestasi yang nyata. 

Yang tidak kalah istimewa dari dua hajat besar madrasah di atas adalah kegiatan memberikan santunan kepada ratusan yatim piatu. “Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan madrasah,” kata Kepala MAUWH, Ustadz Faizun. 

Menurutnya, setidaknya MAUWH setiap tahun melakukan tiga kali santunan anak yatim. “Salah satunya ketika pembukaan penerimaan peserta didik baru ini,” kata alumnus pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut. Kali ini terasa sangat istimewa karena bertepatan juga dengan peluncuran album El-Hijaz, lanjutnya. 

Menurut Ustadz Faiz, album perdana dapat bermanfaat sebagai media sosialisasi madrasah dan media dakwah. “Ini mempertegas bahwa pendidikan madrasah dalam lingkup pesantren adalah pilihan yang sangat  tepat dan tidak kalah berkualitas dibandingkan pendidikan luar pesantren,” katanya.

Sedangkan terkait santunan anak yatim, dirinya berharap keberadaan madrasah bisa bertambah maju. “Bertambah berkah bagi para pendidik dan peserta didiknya, dan MAUWH bisa lebih diterima masyarakat luas dan mampu berkontribusi pada kemajuan bangsa dan negara,” harapnya. (Ibnu Nawawi)

Bagikan:
Senin 5 Maret 2018 22:0 WIB
Pelajar NU Banyumas Tolak Radikalisme dan Narkoba
Pelajar NU Banyumas Tolak Radikalisme dan Narkoba
Banyumas, NU Online 
Penolakan pelajar dan santri terhadap radikalisme dan narkoba disampaikan pada apel di Alun-alun Purwokerto, Ahad (4/3). Pada saat yang sama, jajaran pemerintah pusat hingga daerah lebih optimal dalam memberantas dua penyakit berbahaya tersebut. 

Ahmad Rofingun, Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Banyumas mengatakan hal tersebut saat dikonfirmasi media ini. Menurut Rofingun, selama ini peran pemerintah dalam memberantas radikalisme dan narkoba sudah optimal, "Tetapi, harus lebih dioptimalkan lagi," katanya, Senin (5/3). 

Kegiatan apel pelajar dan santri menolak radikalisme dan narkoba yang digelar memperingati hari lahir ke-64 IPNU dan ke-63 IPPNU itu, juga sebagai dukungan terhadap pemerintah. “Khususnya pemerintah, dan masyarakat pada umumnya untuk terus memberantas berkembangnya paham radikali serta peredaran narkoba di Indonesia,” katanya. 

Menurutnya, IPNU IPPNU Banyumas selalu mendukung pemerintah dalam memberantas paham radikal serta narkoba karena keduanya berbahaya dan merusak generasi muda, "Harus diberantas sampai ke akar-akarnya," tegas Rofingun. 

Hal yang sama juga diungkapkan Utya Matlahul Hasna, Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama atau PC IPPNU Banyumas. 

Ia mengatakan, pihaknya siap berkerja sama dengan pemerintah untuk memberantas radikalisme dan narkoba. "Kami, IPPNU Banyumas siap berkerja sama dengan pemerintah untuk memberantas penyebaran paham radikal dan narkoba," kata perempuan yang akrab disapa Neng Uut itu. 

Usai melakukan kegiatan apel yang dipimpin Kapolres Banyumas, ratusan pelajar NU kemudian mengadakan pawai ta'aruf mengelilingi kota Purwokerto, dan dilanjut dengan aneka lomba serta shalawat bersama.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Banyumas, utusan PCNU Banyumas, perwakilan badan otonom, alumni serta beberapa organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Banyumas. (Kifayatul Ahyar/Ibnu Nawawi)

Senin 5 Maret 2018 21:0 WIB
Bimbingan Zakat NU Mesuji Libatkan Aparatur Desa
Bimbingan Zakat NU Mesuji Libatkan Aparatur Desa
Mesuji, NU Online
Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Mesuji, Lampung menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan ZIS, Ahad (4/3) di Masjid Nurul Falah, Way Serdang, Mesuji..

“Bimtek ini untuk peningkatan kualitas pengelolaan ZIS NU di Kabupaten Mesuji,” kata Ketua LAZISNU Mesuji, Munawir Sadzali melalui pesan tertulis kepada NU Online, Senin (5/3).

Bimtek di Way Serdang diikuti oleh 10 ranting NU dan aparatur desa. Pelibatan aparatur desa sebagai upaya dalam melaksanakan kerja sama penggalian dana. 

“Ini adalah salah satu awal gerakan kemandirian ekonomi umat di Mesuji,” tambah Munawir.

Bimtek dihadiri Ketua PCNU Mesuji KH  Abdul Karim Mahfudz dan Ketua  MWCNU Panca Jaya Kiai Samsul.

LAZISNU Mesuji aktif sejak sekitar setahun lalu. 

“Rata-rata per desa mampu mengumpulkan dana berkisar 5-10 juta setiap bulan,” terangnya.

Selain di Way Serdang, Bimtek digelar di 10 zona di masing-masing MWCNU yang akan dilaksanakan secara bergiliran. (Kendi Setiawan)

Senin 5 Maret 2018 20:30 WIB
Ansor Cipari Latih Nahdliyin Internet Positif dan Produktif
Ansor Cipari Latih Nahdliyin Internet Positif dan Produktif
Cilacap, NU Online
Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari setiap individu untuk mengakses berbagai kebutuhan mulai ilmu pengetahuan, berita, perbelanjaan dan info-info positif lainnya. Namun, tidak luput juga banyak hal negatif yang bertebaran di internet.

Berangkat dari hal itu, PAC GP Ansor Cipari mengadakan Pelatihan Internet Positif dan Produktif, Ahad (4/3). Kegiatan tersebut diharapkan Nahdliyin bisa mengkonsumsi internet dengan baik dan bijak. 

Fasilitator Kominfo Sukarni mengatakan kita harus menjadi warga yang sadar internet bisa memanfaatkan internet untuk menjadi konsumtif positif dan produktif.

“Jangan sampai kita hanya sebatas pengguna saja tetapi juga bisa memanfaatkan internetnya dengan maksimal,” ujarnya.

Menurutnya masih ada sebagian warga yang tidak akrab dengan internet dan sebagian yang sudah akrab internet, namun dalam penggunanya masih banyak tertuju kepada hal hal negatif dan jauh dari produktif.

Untuk mengisi dan mengelola sebuah web, konten sangat dibutuhkan. Konten yang ditulis harus memberikan manfaat bagi pembaca. Sukarni berbagi rumus jitu dan mudah diingat saat menulis sebuah konten,yakni Adisamba (Apa, Di mana, Siapa, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana).

Adisikamba merupakan terjemahan dari rumus 5W+1H ( What, Where, Who, When, Why, and How).

"Dengan adanya pelatihan ini saya berharap bisa membawa perubahan Nahdliyin Cipari khususnya dan seluruh umat pada umumnya,” ujar Kang Romas Bahar selaku Ketua PAC Ansor Cipari.

Acara pelatihan diikuti oleh anggota PAC GP Ansor Cipari, PAC Fatayat NU Cipari dan tamu dari PAC Ansor Lakbok Ciamis yang dalam kesempatan tersebut sekaligus melakukan studi banding.

Setiap peserta menerima website gratis yang diberikan oleh Kominfo dengan persyarat an tertentu untuk melatih tindakan positif dan produktif di internet. (Moh Nawawi/Kendi Setiawan)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG