IMG-LOGO
Daerah

Ansor Jombang Lakukan Akreditasi Tingkat Ranting


Jumat 16 Maret 2018 22:30 WIB
Bagikan:
Ansor Jombang Lakukan Akreditasi Tingkat Ranting
Jombang, NU Online
Guna menata organisasi kepemudaan Gerakan Pemuda Ansor Jombang lebih terarah khususnya di tingkat kepengurusan ranting, Pimpinan Cabang GP Ansor setempat melakukan akreditasi secara maraton mulai 15 hingga 31 Maret 2018 mendatang.

"Ini sebagai bentuk penataan kelayakan organisasi GP Ansor di tingkat ranting (desa) dalam menyelenggarakan kegiatannya. Agar lebih baik serta maksimal dalam mengelola organisasi GP Ansor," kata Sekretaris PC GP Ansor Jombang, Muizzun Hakam, Jumat (16/3).

Tujuan lain dalam penyelenggaraan akreditasi ini menurutnya adalah sebagai salah satu syarat penting dalam keikutsertaan dalam Konferensi Cabang (Konfercab) GP Ansor Jombang yang tidak lama lagi akan digelar.

Dalam Konfercab tersebut, pengurus tingkat kecamatan juga tingkat ranting akan menjadi peserta penuh dalam permusyawaratan tertinggi tingkat cabang itu. Dan menurutnya, setiap kepengurusan Ansor tingkat ranting khususnya, harus terakreditasi dengan nilai minimal B sehingga bisa memenuhi haknya sebagai peserta dalam konfercab nanti.

"Sisi lain dari penilaian akreditasi Pimpinan Ranting GP Ansor se-Jombang ini adalah sebagai syarat peserta penuh dalam Konferensi PC GP Ansor Jombang sesuai PD/PRT/PO," jelasnya.

Pria yang kerap disapa Muiz ini lebih jauh menjelaskan, ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan pengurus juga organisasi secara kelembagaan pada proses tersebut. Di antaranya yakni pengelolaan dan tertatanya administrasi serta kader sehingga dapat membangun organisasi yang lebih mandiri.

"Hal ini sebagai bentuk kepedulian pengurus terhadap organisasi sehingga organisasi dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi kualitas dan kinerja organisasi," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto memaparkan, kegiatan penilaian akreditasi pimpinan ranting Ansor ini sangat penting karena merupakan upaya menjaga marwah organisasi GP Ansor dan bentuk kepedulian serta penguatan organisasi.

"Misalkan dengan mendapatkan nilai maksimal A menandakan bahwa pengurus di berbagai tingkatan itu hidup dan betul-betul ada pengurusnya serta roda organisasi di tingkatan ranting telah berjalan dengan baik. Jika demikian, akan menjadi suatu kebanggaan bagi kami sebagai Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Jombang," sambung Gus Antok, sapaan akrabnya.

Adapun indikator variabel yang dinilai meliputi administrasi kepengurusan pimpinan ranting, MAS Rijalul Ansor, kegiatan-kegiatan, amal usaha pimpinan ranting, keanggotaan Banser (satkorpok), data Sigap GP Ansor, dan kegiatan sosial kemasyarakatan serta kepemudaan.

Sebelumnya, Ketua PAC Bandarkedungmulyo M Shoni meyakini, sejumlah pengurus ranting Ansor se-Kecamatan Bandarkedungmulyo yang menjadi objek akreditasi perdana, optimis akan mendapat nilai akreditasi yang memuaskan.

"Pimpinan ranting se-Kecamatan Bandarkedungmulyo akan mendapat nilai A semua, hal itu terlihat semangatnya pimpinan ranting dalam mempersiapkan berkas yang akan dinilai oleh Tim Asesor Akreditasi dari PC GP Ansor Jombang," ujarnya. (Syamsul Arifin/Muhammad Faizin)

Bagikan:
IMG
IMG