Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sebelum Pelayaran, Puluhan Taruna Maritim Mondok di Buntet

Sebelum Pelayaran, Puluhan Taruna Maritim Mondok di Buntet
Cirebon, NU Online
Sejumlah 59 taruna angkatan 31 Akademi Maritim (Akmi) Suaka Bahari Cirebon ikuti program pesantren kilat selama tujuh hari, Sabtu sampai Jumat (24-30/3), di Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat.

“Baru kali ini ada pesantren kilat setelah Akmi 31 tahun berdiri sebagai pembekalan taruna agar lebih Islami untuk kemudian menularkan ke junior-juniornya,” kata Warkim, pembina taruna, kepada NU Online, Sabtu (24/3).

Kegiatan yang baru kali pertama dilaksanakan ini sengaja dilakukan di Pondok Buntet Pesantren karena Buntet merupakan salah satu pondok tertua dan baik dalam pengembangan pendidikannya.

“Saya berharap staf batalyon saya mendapatkan pembelajaran akhlak, moral, dan etika yang lebih baik dari sebelumnya,” harap Fikri, komandan batalyon.

Lima puluh tiga taruna dan enam taruni akan menimba beberapa materi, seperti akidah, akhlak, fikih thaharah, fikih siyasah, tauhid,  dan keaswajaan.

Beberapa materi itu akan disampaikan oleh para kiai dan ustad Buntet Pesantren, seperti Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon KH Wawan Arwani, Sekretaris Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren KH Aris Ni’matullah, Ketua YLPI bidang kepesantrenan KH Ade Nasihul Umam, dan Ketua Lembaga Bahtsul Masail NU Kabupaten Cirebon KH Ahmad Syauqi Chowas.

Sekretaris Bidang Kepesantrenan KH Salman Alfarisi menyambut baik kehadiran taruna AKMI.

“Saya bangga atas itikad baik untuk menambah pemahaman agama dan menguatkan akidah para taruna sebelum melaksanakan praktik pelayaran,” ujarnya. (Syakir NF/Alhafiz K)
BNI Mobile