Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sejumlah Kegiatan Warnai Pertemuan Alumni Pondok Kebon Jambu

Sejumlah Kegiatan Warnai Pertemuan Alumni Pondok Kebon Jambu
Cirebon, NU Online
Forum Komunikasi Alumni (Fokal) Pondok Kebon Jambu Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat menyelenggarakan silaturahim antar alumni di Masjid Miftahusaa'adah, Desa Paningkiran, Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, Ahad (25/03). Kegiatan diisi tahlil bersama, kajian kitab kuning, taushiah, bahtsul masail dan ramah tamah antaralumni dari berbagai generasi.

Forum membahas pentingnya shalat berjamaah dan silaturahim. Karena shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim. “Manfaatnya antara lain dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah, meluaskan tali silaturahim, pahalanya 27 derajat, membentuk pribadi yang baik dan benar, serta selamat hidup dunia dan akhirat,” kata KH Muhammad Umar.

Ketua Fokal Kabupaten Majalengka ini juga menjelaskan bahwa rajin shalat berjamaah, selain membentuk pribadi yang benar, manfaat lainnya adalah agar terhindar dari kefaqiran dan kemiskinan, lanjutnya.

"Orang yang rajin shalat berjamaah, Allah SWT akan memberikan lima hal antara lain, tidak pernah terkena kefakiran, dihapuskan siksa kubur, selamat dari kesusahan hari kiamat, diberikan buku catatan amalnya dengan tangan kanan, dan berjalan di atas titian shirat secepat kilat," jelas Kang Umar, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, para alumni tidak hanya mengeluhkan masalah kesusahan. Tetapi kebahagian juga harus disampaikan agar menjadi inspirasi bagi alumni lain.

"Termasuk jangan merasa minder atas penghasilan yang kita peroleh saat ini. Yang terpenting itu cukup dan berkah," kata Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Majalengka tersebut.

Hadir pada kesempatan itu, para dewan pengasuh Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan Ciwaringin, Kiai Hasan Rohmat putra almagfurlah KH Muhamad (Akang), Nyai Hj Awwanilah Amva (istri dari almagfurlah KH Asror Muhamad), Nyai Yayah Qibtiyah (putra almagfurlah KH Muhamad), Kiai Syafi'i Atsmari, KH Maman Qomaruddin (Pengasuh Ponpes Annawawiyah Majalengka), Kiai Muhyidin, dan Kang Hamidi. (Ayub Al-Anshori/Ibnu Nawawi)

BNI Mobile