IMG-LOGO
Daerah

Bantu Petani, LPNU Mojowarno Uji Coba Produksi Pupuk Organik

Jumat 6 April 2018 00:00 WIB
Bantu Petani, LPNU Mojowarno Uji Coba Produksi Pupuk Organik
foto: illustrasi
Jombang, NU Online
Pengurus Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur uji coba dalam pembuatan pupuk organik sejak beberapa waktu lalu.

Rencananya, pupuk tersebut disiapkan untuk para petani setempat saat musim panen. Para petani nantinya dapat menggunakan pupuk organik tersebut dengan sistem kerja sama. 

"LPNU Mojowarno sudah melakukan uji coba pembuatan pupuk organik," kata Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Mojowarno, Usman Hasan, Kamis (5/4).

Dari hasil uji cobanya, manfaat pupuk tersebut cukup memuaskan. Saat pengurus LPNU Mojowarno melakukan percobaan di salah satu lahan sawah petani yang ditanami padi hasil panennya cukup baik.

Bahkan dibandingkan dengan memakai pupuk buatan pabrik, hasil panen dengan memakai pupuk organik hasil produksi LPNU Mojowarno itu terlihat lebih baik.

"Kemarin kita coba di lahan sawah yang ditanami padi seluas 9 hektar. Ternyata hasil panen padinya lebih baik dari pupuk buatan pabrik," jelasnya.

Selain hasil panen yang memuaskan, tanah persawahan setelah panen masih gembur, alias tidak keras dan tidak padat. 

"Pasca panen tanah masih gembur," tuturnya.

Ia memaparkan, jika percobaan ini terus membuahkan hasil yang sempurna, LPNU akan menyediakan pupuk tersebut dengan jumlah yang memadai untuk para petani, sehingga petani dengan mudah mendapatkan pupuk yang berkualitas itu.

Selanjutnya, pola kerja sama antar petani dan LPNU ungkapnya, adalah sistem bagi hasil yang saling menguntungkan saat masanya panen.

"Nanti dibantukan kepada para petani dengan sistem bagi hasil saat panen," pungkasnya (Syamsul Arifin/Muiz)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG