Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Care Salurkan Fasilitas Santri Al-Kautsar Cianjur

NU Care Salurkan Fasilitas Santri Al-Kautsar Cianjur
Cianjur, NU Online
NU Care-LAZISNU menyalurkan bantuan di Pesantren Al Kautsar, Ciganjur, Jawa Barat, Rabu (11/4). Bentuk bantuan adalah kasur dan seprei untuk santri, dan karpet untuk masjid pesantren.

Staf NU Care-LAZISNU Nur Hasan mengatakan barang-barang yang disalurkan sangat penting sebagai fasilitas bagi santri dalam menimba ilmu.

“Dulu saya kalau di pesantren tidurnya beralas sajadah atau sarung saja. semoga bantuan kasur ini aka nada gunanya bagi santri yangtengah menimba ilmu di pesantren ini,” kata Hasan.

Pimpinan Pesantren Al-Kautsar Usep Abdul Azis menimpali bantuan tersebut pastilah sangat bermanfaat bagi para santri. Ditambahkan santri Al Kautrsar pun tidur dan menggunakan fasilitas seadanya, tidak jauh beda dengan pengalaman Hasan.

“Bicara soal manfaat, saya katakan ini sangat bermanfaat,” tegas Usep Abdul Azis.

Pesantren Al Kautsar saat ini memilikijumlah santri sekitar 300 orang. Selain santri mukim, pesantren juga mengembangkan PAUD, SD dan SMP.

Keunggulan lainnya dari pesantren yang dikelola sejak 2010, adalah penyiapan santri yang akan belajar di luar negeri seperti Mesir dan Sudan. Melalui Al Kautsar Institute, para santri yang berasal dari pesantren unggulan lainnya dibimbing antara lain dalam berbahasa Arab selama setahun. Saat ini telah lebih dari 200 santri yang menjadi alumni dari program tersebut.

Penyaluran bantuan hari itu merupakan kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart).

“Bantuan ini sebagai bentuk pemanfaatan dana bantuan pelanggan dari uang kembalian yang didonasikan,” kata Regional Corcom Manager, Muhammad Afran.

Penyaluran bantuan di Pesantren al Kautsar menjadi kelanjutan kerja sama Alfamart dan NU Care setelah sebelumnya dilakukan sunatan masal di Jakarta Selatan, Lombok (NTB); penyaluran bantuan masjid di Aceh dan Semarang. (Kendi Setiawan)

Posisi Bawah | Youtube NU Online