IMG-LOGO
Daerah

Ilmu Falak Metode Sahruna Diluncurkan di STAIN Tulungagung


Selasa 17 April 2018 19:00 WIB
Bagikan:
Ilmu Falak Metode Sahruna Diluncurkan di STAIN Tulungagung
Tulungagung, NU Online
Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Blitar Senin (17/4) meluncurkan buku karya Ketua LFNU Kabupaten Blitar dan Badan Hisab Ru’yah Blitar, PWNU Jatim, dan PBNU Kiai Uzal Syahruna. 

Acara peluncuran buku berjudul Ilmu Falak Methode As-Syahu,  berlangsung di  Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung.

Menurut Wakil Ketua PCNU Kabupaten Blitar Kiai Uzal Syahruna, kitab ilmu falak metode As-Syahu di samping sesuai dengan nama pengarangnya juga mempunyai keunikan, karena tidak hanya menghisab awal bulan saja. Namun juga bisa untuk mencari tanggal beserta irtifa’ul hilal, deklinasi, letak matahari, bahkan untuk mengetahui waktu sholat.

“Di dalam kitab ini juga dibahas cara mencocokkan jam dan menentukan arah hakiki (mata angin-red), penggunaan thedolocit, penggunaan tongkat istiwa’ (bencet), program calculator casio FX 4500, dan hisab gerhana bulan dan matahari," ungkapnya.

Acara peluncuran sendiri mendapat sambutan luar biasa dari civitas akademika STAIN Tulungagung. Ratusan orang hadir pada acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 Wib hingga pukul 12.30 wib itu. (Imam Kusnin Ahmad/Muiz)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG