IMG-LOGO
Daerah

Orang Mukmin di Masjid Bagaikan Ikan dalam Air


Ahad 22 April 2018 11:00 WIB
Bagikan:
Orang Mukmin di Masjid Bagaikan Ikan dalam Air
Kiai Abdul Basid Mansur
Sumenep, NU Online
المؤمن في المسجد كالسمك في الماء

والمنافق في المسجد كالطير في الشبكة

Demikian syair yang didengungkan Kiai Abdul Basid Mansur, selaku Pengasuh Pesantren Nurul Jadid, Dusun Sakaddu' Barat, Desa Bungbaruh Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Sabtu (21/4) malam.

Hal itu disampaikan pada pengajian umum di Desa Karang Sokon, Guluk-Guluk, Sumenep dalam rangka peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang dihelat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika).

"Syair tersebut punya arti bahwa orang mukmin dalam masjid bagaikan ikan dalam air, sementara orang munafiq itu tak ubahnya burung dalam sangkar," urainya.

Diterangkan, orang mukmin hidupnya akan menjadi damai dan tenang saat berada di masjid. Berbeda dengan orang munafiq yang hatinya bakal gelisah merasa terkungkung saat berada di masjid.

"Jika kita merasa betah saat berada di dalam masjid, Insyaallah kita tergolong orang mukmin. Tapi sebaliknya manakala kita gelisah ingin cepat-cepat beranjak dari rumah Allah, kemungkinan aura munafiq melekat di hati kita. na'udzubillah," terang Kiai Basid.

Dalam kesempatan itu, Kiai Basid mendorong mahasiswa dan masyarakat secara umum untuk terus mendekatkan diri kepada Allah, salah satunya dengan memakmurkan masjid.

"Memakmurkan masjid dengan cara kita menegakkan shalat berjamaah, berzikir, mengaji di dalamnya. Sebagai umat Islam, kita mesti memiliki rasa tanggung jawab meramaikan masjid dengan kalimatillah," nasehatnya. (Hairul Anam/Muiz)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG