IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Pengajian Rutin Senin Pon Tarekat At-Tijani Gerakkan Ekonomi Warga


Selasa 24 April 2018 14:15 WIB
Bagikan:
Pengajian Rutin Senin Pon Tarekat At-Tijani Gerakkan Ekonomi Warga
Bupati Brebs di Pengajian Tarekat At-Tijani
Brebes, NU Online 
Meski cuma rutin sebulan sekali, Pengajian senin pon yang dipandegani Tarekat At Tijani Jatibarang Brebes Jawa Tengah selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Brebes dan sekitarnya.

Tidak saja karena pengajian  yang diisi oleh ulam-ulama terkenal untuk menyampaikan tausiyahnya, akan tetapi juga oleh ratusan pedagang aneka jenis makanan, minuman, hingga segala kebutuhan rumah tangga. 

Pasalnya, pengunjung yang mayoritas wanita berjubel hingga mencapai puluhan ribu orang tanpa disuruh apalagi dipaksa, mereka datang dari berbagai pelosok daerah menuju tempat pengajian Senin Pon adalah pasar yang sangat potensial bagi pedagang musiman untuk mengais rejeki.

Seperti yang terlihat di Desa Karanglo, Kecamatan Jatibarang Brebes, Senin (23/4) puluhan ribu pengunjung secara tertib mengambil tempat sendiri-sendiri sesuai kenyamanan mereka.

Pengajian ini juga telah menumbuhkan geliat ekonomi kerakyatan. Terbukti, ratusan pedagang berjajar sepanjang jalan di desa tersebut. Termasuk jasa pengangkutan jamaah yang secara gotong royong. Perputaran uang berlangsung di sela-sela pengajian karena pengunjung berbelanja makanan maupun pakaian yang diinginkan. Juga bisa menjadi arena tebar sedekah karena di area pengajian digelar kotak sedekah agar pengunjung bisa mendapatkan berkah dengan berjariyah.

Bahkan, kalangan rakyat hingga pejabat tak ketinggalan memanfaatkan momentum selapanan untuk hadir termasuk bupati Brebes Hj Idza Priyanti yang tak pernah absen untuk hadir di majelis tersebut.

“Alhamdulillah, jelang Ramadhan, saya juga pengin ngaji di Senin Pon ini,” tutur Bupati Brebes Hj Idza Priyanti saat menyampaikan sambutan pada pengajian Senin Pon di Desa Karanglo, Senin (23/4).

Idza mengajak masyarakat agar bergembira menyambut Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang mendekatkan kepada Allah SWT. Termasuk pemerintah daerah juga menyambutnya dengan aktivitas yang menggembirakan seperti bersilaturahmi dengan para ulama, guru ngaji, pengasuh pondok pesantren, anak yatim piatu sembari memberikan bantuan stimulant sesuai kemampuan Pemkab.

Pengajian Senin Pon yang digawangi Syeh Sholeh Muhammad Basalamah diisi dengan istighosah, Shalawatan, dan Tahlil. Pengajian ini bergilir dari satu daerah ke daerah lain sesuai permintaan dari pengunjung. 

Selain Syeh Sholeh Basalamah, turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Baznas Kabupaten Brebes Chusnan Zein, para masayaikh dan ulama dari Maroko dan Aljazair. (Wasdiun/Muiz


Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG