IMG-LOGO
Daerah

LAZISNU Jatim Jadikan Ramadhan 1439 H Momentum Kebangkitan Gerakan ZIS

Ahad 29 April 2018 22:0 WIB
Bagikan:
LAZISNU Jatim Jadikan Ramadhan 1439 H Momentum Kebangkitan Gerakan ZIS
Suasana Ngobar (Ngobi Bareng)
Malang, NU Online
Direktur Eksekutif LAZISNU Jawa Timur Didin A Sholahudin mengatakan bahwa momentum Ramadhan 1439 H harus dijadikan sebagai kesempatan untuk menggerakkan semua potensi ZIS yang dimiliki warga NU di Jatim oleh seluruh Petugas Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) se-Jawa Timur.

"Bertolak dari gerakan sedekah koin yang sudah terjadi merata di seluruh kabupaten dan kota di Jatim, maka  kami meyakini jika Ramadhan 1439 H menjadi titik tolak bagi kebangkitan LAZISNU se-Jatim," ujarnya saat Ngopi Bareng (Ngobar) yang dimotori Pengurus Wilayah (PW) LAZISNU Jawa Timur di Ocean Garden Resto Kota Baru Klojen Malang, Ahad, (29/4).  

Mantan Direktur PC LAZISNU Jombang ini memaparkan setidaknya ada empat langkah untuk mendorong komitmen yang sudah dibangun para pengurus LAZISNU ini.

Pertama, kata dia, sinergi tuntas mulai perencanaan program, kampanye fundraising (penggalian dana), hingga penyaluran dana.

Kedua, lanjutnya adalah mempercepat proses pendirian UPZISNU di tingkat MWCNU dan PRNU, JPZIS di mushalla, masjid, lembaga pendidikan, dan badan otonom (Banom) NU agar penghimpunan pengelolaan dan pendistribusian ZIS warga NU dapat tepat sasaran.

Ketiga, menurutnya adalah mempersiapkan sahabat LAZISNU sebagai relawan yang akan membantu LAZISNU dalam melakukan fundraising dan pentasharufan (penyaluran) program Ramadhan. Sahabat LAZISNU bisa berasal dari Banom-banom NU seperti IPNU, IPPNU, Fatayat, Muslimat, dan juga Ansor.  

Keempat, imbuh Gus Didin sapaan akrabnya, adalah melakukan dokumentasi pelaporan secara modern, akuntabel, transparan, dan profesional agar kepercayaan warga kepada LAZISNU semakin tumbuh.

"LAZISNU se-Jatim harus berkhtiar maksimal, dengan mengerakkan seluruh potensi NU agar perolehan ZIS-nya tertinggi nasional," tegasnya.

Dalam acara Ngobar yang digelar untuk menyiapkan serta mensinergikan program Ramadhan 1439 H ini juga dilakukan persiapan awal untuk menyambut Kirab Koin NU yang akan sampai di Jawa Timur mulai 18 Mei 2018 mendatang.

Acara dengan tema Ramadhan Berbagi dan Menginspirasi ini dihadiri 85 orang utusan dari UPZISNU kabupaten dan kota se-Jawa Timur. Dari spirit tema tersebut mereka berkomitmen menjadikan Ramadhan 1439 H sebagai momentum kebangkitan gerakan ZIS warga NU. (Syamsul Arifin/Muhammad Faizin)
Bagikan:
Ahad 29 April 2018 23:15 WIB
Banser Pringsewu Tingkatkan Kualitas Anggota dengan Pembaretan
Banser Pringsewu Tingkatkan Kualitas Anggota dengan Pembaretan
Pringsewu, NU Online
Untuk meningkatkan solidatas dan kualitas spara anggotanya, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pringsewu, mengadakan pembaretan Banser-Denwatser di Gedung NU Kabupaten Pringsewu, Sabtu-Ahad, 28-29 April 2018.

Tatang Sumantri, kepala Satkorwil Banser Provinsi Lampung hadir untuk membuka secara langsung kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Kang Tatang, panggilan akrabnya, menyampaikan bahwa pembaretan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan Diklatsar Banser. 

"Pembaretan merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh anggota banser yang telah dinyatakan lulus dalam Diklatsar. Tujuannya yaitu guna meningkatkan kualitas dan soliditas anggota banser," ujarnya di lokasi kegiatan, Ahad (29/4).

Sementara itu, M Dariyanto mewakili ketua PC GP Ansor Kabupaten Pringsewu dalam sambutannya juga mengatakan pembaretan Banser merupakan  kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Satkorcab Banser Pringsewu. "Saat ini GP Ansor Kabupaten Pringsewu melalui Satkorcab Banser sedang menyusun langkah dalam upaya meningkatkan kualitas anggota-anggotanya, salah satunya adalah melalui kegiatan pembaretan ini," ujar Dariyanto.

Pembaretan dan Diklatsar diikuti oleh 73 anggota Banser-Denwatser yang merupakan utusan dari masing-masing Satkoryon dan PAC GP Ansor se-Kabupaten Pringsewu. Materi-materi yang diberikan antara lain Kebanseran, Uji Mental dan Fisik. Terkait maraknya informasi hoaks di media sosial, peserta dibekali Pengenalan Dunia Siber dan Cerdas Bermedia Sosial yang disampaikan oleh Henudin, tim Siber Ansor Pringsewu. (Feri Alfianto/Kendi Setiawan)
Ahad 29 April 2018 23:0 WIB
Fatayat NU Jember Dorong Pemberdayaan Umat
Fatayat NU Jember Dorong Pemberdayaan Umat
Jember, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember akan terus mendorong akselerasi peningkatan ekonomi di kalangan warga nahdliyyin.  

Salah satunya dengan cara memfasilitasi  kerjasama pengurus atau warga dengan pengusaha-pengusaha NU, baik di bidang pertanian maupun perdagangan. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua  PC Fatayat NU Jember, Rahma Saidah saat memberikan sambutan dalam Talk Show & Bazar di taman Botani, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Ahad (29/4).

Menurut Ida, sapaan akrabnya, pemberdayaan ekonomi warga akan menjadi garapan serius Fatayat NU di samping advokasi.

"Peningkatan ekonomi harus terus kita gelorakan, minimal dalam keluarga. Pendapatan ekonomi di satu keluarga, diikuti dengan keluarga  lainnya, akhirnya  terjadi peningkatan ekonomi lokal," tuturnya.

Sementara itu, Direktur PT Benih Citra Asia, H Slamet Sulistyono yang menjadi nara sumber menyatakan siap untuk bermitra dengan fatayat NU guna memberdayakan ekonomi umat.

"Saya punya banyak program kemitraan, khususnya dalam hal pembenihan dan budidaya  jagung," jelasnya. 

Menurutnya, untuk memulai sebuah usaha tak perlu terlalu lama berfikir meskipun juga butuh kecermatan. 

"Kita harus berani memulai bisnis," ucapnya.

Ketua Lembaga Pertanian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jember itu  berharap agar Fatayat NU memperkuat jaringan di kalangan warga nahdliyyin untuk penetrasi pasar dan produk. 

"Saya berangan-angan kelak  potensi dan kebutuhan pasar dapat  dipenuhi dan disuplai oleh sesama fatayat sendiri," ungkapnya.

Acara yang digelar dalam rangka Harlah Fatayat NU yang ke-68 itu dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang terdiri dari pengurus Ranting dan Ancab Fatayat NU. (Aryudi Abdul Razaq/Muiz)
Ahad 29 April 2018 21:56 WIB
Ini Wadah Seni Kelompok Seni Santri Pesantren Attawazun
Ini Wadah Seni Kelompok Seni Santri Pesantren Attawazun
Subang, NU Online
Beberapa santri yang tergabung dalam grup seni angklung 'ArtTawazun' terlihat bersemangat saat tampil dalam acara Haflah Takhrij Pesantren tersebut di Kalijati, Subang. 

Pada kegiatan peresmian STEINU Subang itu, ArtTawazun membawakan lagu hasil karya mereka berjudul Oh Pondokku, lagu mars dan hymne Attawazun, Sabtu (28/4)

Oking Sudrajat, salah seorang pengajar di Pesantren Attawazun menyampaikan, ArtTawazun merupakan hasil refleksi bahwa tidak semua santri mempunyai minat dan bakat di bidang pengajian, lebih dari itu mereka pun mempunyai minat, bakat serta keterampilan di bidang lain, satu di antaranya adalah bidang kesenian.

"ArtTawazun bisa dibilang semacam klub yang mewadahi santri-santri yang memiliki bakat seni untuk dikembangkan," ujar Oking.

Ditambahkannya, ArtTawazun sudah mempunyai beberapa grup seni santri yang mempunyai bakat dan keterampilan di bidang seni musik tradisional, seni lukis, skets, fotografi dan video, masing-masing grup akan selalu diuji performanya pada setiap ada kegiatan di Pesantren Attawazun seperti Haflah Takhrij ini.

Selain itu, kata dia, Pesantren Attawazun juga rutin mengadakan Attawazun Expo yang isi kegiatannya adalah menampilkan semua hasil karya para santri yang tergabung dalam ArtTawazun.

"Kadang ada juga orang luar yang mengundang mereka untuk tampil di acaranya," pungkas Ketua PAC GP Ansor Kalijati ini. (Aiz Luthfi/Abdullah Alawi)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG