::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

LAZISNU Jatim Jadikan Ramadhan 1439 H Momentum Kebangkitan Gerakan ZIS

Ahad, 29 April 2018 22:00 Daerah

Bagikan

LAZISNU Jatim Jadikan Ramadhan 1439 H Momentum Kebangkitan Gerakan ZIS
Suasana Ngobar (Ngobi Bareng)
Malang, NU Online
Direktur Eksekutif LAZISNU Jawa Timur Didin A Sholahudin mengatakan bahwa momentum Ramadhan 1439 H harus dijadikan sebagai kesempatan untuk menggerakkan semua potensi ZIS yang dimiliki warga NU di Jatim oleh seluruh Petugas Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) se-Jawa Timur.

"Bertolak dari gerakan sedekah koin yang sudah terjadi merata di seluruh kabupaten dan kota di Jatim, maka  kami meyakini jika Ramadhan 1439 H menjadi titik tolak bagi kebangkitan LAZISNU se-Jatim," ujarnya saat Ngopi Bareng (Ngobar) yang dimotori Pengurus Wilayah (PW) LAZISNU Jawa Timur di Ocean Garden Resto Kota Baru Klojen Malang, Ahad, (29/4).  

Mantan Direktur PC LAZISNU Jombang ini memaparkan setidaknya ada empat langkah untuk mendorong komitmen yang sudah dibangun para pengurus LAZISNU ini.

Pertama, kata dia, sinergi tuntas mulai perencanaan program, kampanye fundraising (penggalian dana), hingga penyaluran dana.

Kedua, lanjutnya adalah mempercepat proses pendirian UPZISNU di tingkat MWCNU dan PRNU, JPZIS di mushalla, masjid, lembaga pendidikan, dan badan otonom (Banom) NU agar penghimpunan pengelolaan dan pendistribusian ZIS warga NU dapat tepat sasaran.

Ketiga, menurutnya adalah mempersiapkan sahabat LAZISNU sebagai relawan yang akan membantu LAZISNU dalam melakukan fundraising dan pentasharufan (penyaluran) program Ramadhan. Sahabat LAZISNU bisa berasal dari Banom-banom NU seperti IPNU, IPPNU, Fatayat, Muslimat, dan juga Ansor.  

Keempat, imbuh Gus Didin sapaan akrabnya, adalah melakukan dokumentasi pelaporan secara modern, akuntabel, transparan, dan profesional agar kepercayaan warga kepada LAZISNU semakin tumbuh.

"LAZISNU se-Jatim harus berkhtiar maksimal, dengan mengerakkan seluruh potensi NU agar perolehan ZIS-nya tertinggi nasional," tegasnya.

Dalam acara Ngobar yang digelar untuk menyiapkan serta mensinergikan program Ramadhan 1439 H ini juga dilakukan persiapan awal untuk menyambut Kirab Koin NU yang akan sampai di Jawa Timur mulai 18 Mei 2018 mendatang.

Acara dengan tema Ramadhan Berbagi dan Menginspirasi ini dihadiri 85 orang utusan dari UPZISNU kabupaten dan kota se-Jawa Timur. Dari spirit tema tersebut mereka berkomitmen menjadikan Ramadhan 1439 H sebagai momentum kebangkitan gerakan ZIS warga NU. (Syamsul Arifin/Muhammad Faizin)