Libatkan Santri Bikin Peci Al-Aqsho, Santri Dapat Upah hingga Jutaan

Libatkan Santri Bikin Peci Al-Aqsho, Santri Dapat Upah hingga Jutaan
Peci karya santri nurul hidayah kebumen
Peci karya santri nurul hidayah kebumen
Kebumen, NU Online
Jelang puasa Ramadhan 1439 H, Pesantren Nurul Hidayah di Kabupaten Kebumen kebanjiran order. Pesantren yang menjalankan beragam unit usaha ini menjadikan peci sebagai produk unggulan.

Koordinator unit usaha peci, Tri Sulistyo mengatakan, peci yang diberi merek Al-Aqsho tersebut merupakan hasil karya santri di sana. Di sela-sela rutinitas mempelajari Al-Qur'an, sejumlah santri juga diberi kesempatan membuat peci pukul 08.00-12.00, dilanjutkan pukul 13.00-16.00.

"Setiap bulan, tiap santri juga mendapatkan upah yang bisa mencapai Rp1 juta per orang," ujar dia, Rabu (2/5).

Menurutnya, peci menjadi favorit dibandingkan usaha lain di ponpes tersebut. Tak heran, produksinya belum mampu memenuhi kebutuhan pasar yang tersedia.

"Karena kebanjiran order, terkadang memang tidak bisa dipenuhi semua. Kadang bertahap, kami penuhi bulan berikutnya," ujar dia.

Apalagi saat bulan Ramadan ini, jumlah pemesanan mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. "Sekarang, rata-rata produksi bisa 50 kodi sampai 75 kodi per bulan. Meningkat dari biasa, 30 kodi per bulan," jelas dia.

Untuk menghasilkan produksi pecinya tersebut, pihaknya dibantu 15 santri‎. Santri lain terlibat dalam unit usaha lain. Pondok pesantren yang memiliki 500 santri itu telah memasarkan produknya sampai ke Sumatera. Tahun ini, pihaknya menjajaki pasar Kalimantan. (Red: Muiz)

BNI Mobile