Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rebutan Jalan di Ghazni, Pasukan Afghanistan dan Taliban Bertempur

Rebutan Jalan di Ghazni, Pasukan Afghanistan dan Taliban Bertempur
Foto: alemarah
Foto: alemarah
Kabul, NU Online
Pasukan Keamanan Afghanistan dan kelompok militan Talibat terlibat dalam sebuah pertempuran di provinsi Ghazni tengah Afghanistan, Sabtu (5/5). Mereka berperang untuk menguasai jalan raya utama di provinsi itu. 

Mohammad Arif Noori, juru bicara gubernur provinsi Ghazni mengatakan, para militan Taliban berencana untuk merebut kendali jalan arteri. Mereka juga telah menyerang banyak pos pemeriksaan keamanan.

“Dengan bantuan pasukan udara AS, militan Taliban telah mundur dari daerah dekat jalan raya Ghazni-Paktika, tetapi jalan itu masih ditutup karena kerusakan serius yang disebabkan oleh Taliban,” kata Noori seperti dilaporkan Reuters.

Dalam beberapa bulan terakhir, Taliban telah meningkatkan serangan mereka ke beberapa wilayah di Afghanistan. Terutama setelah mereka mengumumkan serangan musim semi tahunan. Di mana musim semi memudahkan mereka untuk melakukan manuver serangan melalui pegunungan-pegunungan di Afghanistan.  

Dilaporkan, bentrok di provinsi Ghazni itu menewaskan 31 militan Taliban dan dua warga sipil serta empat orang lainnya terluka. 
Sementara itu, juru bicara kelompok Taliban Zabihullah Mujahid menyebutkan, anggota Taliban yang tewas hanya satu orang. Sementara pasukan Afghanistan yang meninggal sebanyak sembilan orang.

Menurut Mujahid, 10 tentara Afghanistan dan tiga pejuang Taliban terluka dalam pertempuran untuk menguasai distrik Andar. Salah satu distrik yang tidak stabil di provinsi Ghazni, 95 mil (153 km) barat daya ibu kota, Kabul.

Pada April lalu, militan Taliban membunuh seorang gubernur distrik di Ghazni, pengawalnya, dan lima agen intelijen. (Red; Muchlishon)
BNI Mobile