IMG-LOGO
Daerah

Tiga Doa Jibril yang Diamini Langsung Nabi Muhammad


Selasa 15 Mei 2018 18:00 WIB
Bagikan:
Tiga Doa Jibril yang Diamini Langsung Nabi Muhammad
Ustadz Andik Hidayat (pegang mik)
Banyuwangi, NU Online
Menjelang bulan suci Ramadhan 1439 Hikriyah, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi menggelar doa bersama di Aula dinas setempat, Selasa (15/5) pagi. Hadir Kepala Dinas Alief Rachman Kartiono beserta jajarannya dengan mengundang pembicara Ustadz Andik Hidayat.

Dalam pengajiannya Ustadz Andik - sapaan karib Ust Andik Hidayat menegaskan, tiga doa yang dipanjatkan oleh Malaikat Jibril yang diamini langsung oleh Nabi Muhammad SAW menjelang bulan suci Ramadhan saat menaiki tangga mimbar.

Ia mengatakan, yang pertama adalah jangan diterima amal ibadah puasa seorang anak yang berani terhadap orang tuanya sebelum meminta maaf.

"Barang pasti kasih orang tua kepada anak tak terhingga sepanjang masa. Sedangkan kasih anak kepada orang tua hanya sepanjang galah. Diketahui pula bahwasannya makna dari orang tua ini bukan hanya yang melahirkan kita ke bumi," terang  Andik di hadapan puluhan staf dinas yang hadir.

Dikatakan, yang disebut orang tua, termasuk siapakah yang mendidik dan mengajarkan ilmu kepada kita semua (guru) dan orang tua yang melahirkan suami atau istri kita (mertua). Doa yang kedua, jangan diterima amal ibadahnya seorang istri yang berani kepada suaminya, sebelum saling memaafkan.

"Ini sudah jelas, karena suami adalah imam bagi seorang istri. Saking dianjurkannya seorang istri menghormati suaminya, hadits yang diriwayatkan at-Tirmidzi menegaskan Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain, tentu aku akan perintahkan seorang istri untuk sujud kepada suaminya, terang Ustadz asal Rogojampi ini.

Selanjutnya, doa yang terakhir adalah jangan diterima amal ibadah puasa seseorang yang  mendholimi tetangga sekitarnya, sebelum mereka meminta maaf terhadap yang didholimi. 

"Karena itu, kita harus lebih hati-hati dalam bersikap dan bersosial terhadap sesama," ujar ketua PAC GP Ansor Kecamatan Rogojampi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama kepala dinas Alief Rachman Kartiono berharap tausiah yang disampaikan dapat menjadi motivasi untuk peningkatan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan nanti. Dalam acara pengajian, juga dilangsungkan santunan kepada puluhan anak yatim. (M Sholeh Kurniawan/Muiz)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG