Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pemkab Purbalingga Sapa Masyarakat Lewat Tarawih Keliling

Pemkab Purbalingga Sapa Masyarakat Lewat Tarawih Keliling
Purbalingga, NU Online
Ramadhan bisa dijadikan sebagai sarana untuk kian mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah yang menjalankan agenda rutin Tarawih Keliling atau Tarling. 

Rombongan dibagi dua tim, yakni dipimpin Bupati Tasdi dan Wakil Bupati (Wabup) Dyah Hayuning Pratiwi. Kamis (24/5), rombongan Wabup melaksanakan Tarling di Masjid Baitul Hidayah Desa Tanalum, Kecamatan Rembang.

Dalam sambutannya, Wabup Tiwi menyampaikan tujuan kegiatan. “Tujuan spiritualnya adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan bersama dan senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan,” katanya di hadapan jamaah. 

“Tujuan sosial kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan persaudaraan dalam ukhuwah islamiyah, wathaniyah, basyariyah antaraulama, umara dan umat,” katanya. Ia berharap kegiatan Tarling ini bisa membangun kedekatan antara pimpinan, pemerintah dengan rakyat.

Di samping itu ada pula tujuan kultural. “Yakni membentuk pribadi lebih santun dalam hidup bermasyarakat,” ungkapnya. Selain itu, tarling ini juga bisa digunakan sebagai sarana menyampaikan informasi tentang pemerintahan ataupun pembangunan, lanjutnya.

Saat kegiatan, Wabup Tiwi menyerahkan bantuan untuk wilayah Kecamatan Rembang. 

Rombongan Tarling ini terdiri atas perwakilan anggota DPRD, Polres Purbalingga, Lanud Jenderal Besar Soedirman, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Batalyon 406/Candra Kusuma, beberapa lembaga vertikal, BUMD, BUMN, UP3AD Jateng, PMI, Baznas, serta Asisten Sekda, staf ahli bupati dan Kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Masing-masing yang ikut, memberikan bingkisan kepada imam dan takmir masjid. Termasuk pemberian satu unit genset dan uang kehormatan kepada guru madrasah diniyah (madin) dan imam masjid di Desa Tanalum. (Red: Ibnu Nawawi)

BNI Mobile