Buntut Film Hina Nabi Muhammad, Mesir Blokir Youtube

Buntut Film Hina Nabi Muhammad, Mesir Blokir Youtube
Ilustrasi: thenextweb.com
Ilustrasi: thenextweb.com
Kairo, NU Online
Pengadilan Tinggi Mesir memutuskan bahwa pihak berwenang untuk memblokir Youtube. Keputusan ini berlaku mulai hari ini, Sabtu (26/5) hingga satu bulan ke depan.  

Ini adalah buntut panjang dari sebuah film yang merendahkan Nabi Muhammad yang viral di Youtube pada 2012 silam. Judulnya “Innocent of Muslim.” Sebuah video berdurasi 13 menit sebagai trailer film dan dibuat di California dengan pendanaan pribadi. Dalam video ini, Nabi Muhammad digambarkan sebagai seorang badut dan pedofil.

Sontak saja, video ini memprovokasi gelombang kerusuhan anti-Amerika di Mesir dan negara-negara Muslim lainnya

Setelah proses banding selama bertahun-tahun atas video tersebut, akhirnya pengadilan Mesir memutuskan untuk memblokir Youtube. Pada 2013, pengadilan administratif meminta Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Mesir untuk memblokir Youtube,  namun kasus ini diajukan banding hingga akhirnya berlarut-larut hingga sekarang.

Mohamed Hamid Salem, seorang pengacara yang mengajukan kasus tersebut pada 2013, mengatakan bahwa keputusan itu juga memerintahkan agar semua tautan yang menyiarkan film tersebut juga diblokir.

Pada saat itu kementerian terkait menyebutkan bahwa tidak mungkin melakukan hal itu –pemblokiran Youtube- tanpa mengganggu mesin pencari internet Google. Di samping itu, itu juga akan membutuhkan biaya yang besar dan menyebabkan banyak orang Arab kehilangan pekerjaan.  

Dikutip Reuters, Kementerian Komunikasi dan Informatika Mesir tidak kunjung memberikan komentar terkait putusan terbaru ini. Putusan ini dianggap final dan tidak bisa diajukan banding lagi. Akan tetapi, hingga Sabtu sore, YouTube masih bisa diakses di Kairo. (Red: Muchlishon) 
BNI Mobile