::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pererat Kekeluargaan, Ansor Jombang Gelar Buka Puasa Keliling

Sabtu, 02 Juni 2018 01:00 Daerah

Bagikan

Pererat Kekeluargaan, Ansor Jombang Gelar Buka Puasa Keliling
Jombang, NU Online 
Guna mempererat rasa kekeluargaan antarkader, Pimpinan Cabang  Gerakan Pemuda Ansor Jombang, Jawa Timur mengadakan buka puasa bersama secara keliling dari satu tempat ke tempat yang lain. Buka bersama tersebut juga diikuti oleh masyarakat umum.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Jombang H. Zulfikar Damam Ikhwanto, buka bareng tersebut dilakukan di sembilan titik yang sudah disepakati bersama kader Ansor. Tempat buka puasa tersebut bisa di masjid, rumah kader atau tempat umum tergantung kesiapan panitia lokal.

Kegiatan itu, lanjutnya, sebagai sarana mengukuhkan nilai kebangsaan di kalangan masyarakat. 

"Dengan silaturrahim dan buka puasa Ramadhan ini kita berharap bisa menambahkan ketakwaan kepada Allah SWT dan ukhwah islamiyah, basyariah dan wathaniyah. Jadi, bukan sekadar buka puasa saja tapi juga ada ceramah dan diskusi ringan," katanya, Jumat (1/6).

Selama Ramadhan, kata Zulfikar, Ansor Jombang memiliki banyak agenda rutinan tahunan dan kegiatan sosial. Kegiatan tersebut antara lain kajian Islam, pembukaan posko mudik, pendirian posko keamanan Ramadlan dan bagi takjil.

"Untuk persiapan Lebaran nanti kita akan mendirikan pos siaga mudik terutama di jalan utama para pemudik. Dalam hal ini kita bekerja sama dengan polisi. Ini sudah berlangsung bertahun-tahun," ujarnya.

Zulfikar menambahkan, dalam kepemimpinan periode keduanya ini ia ingin menjadikan Ansor Jombang lebih bermanfaat bagi masyarakat, agama dan bangsa lewat kegiatan sosial dan pendidikan. Buka puasa bersama salah satu strategi menjaga komunikasi organisasi yang baik.

Selain itu, Ansor giat bekerja sama dengan berbagai instansi lain dalam menjaga keutuhan NKRI dan kerukunan umat beragama. Kerja sama tersebut antara lain bersama Polres Jombang menolak paham radikalisme, kerja sama menjaga gereja dengan pemuda Kristen, sosialisasi Pancasila bersama Pemerintah Kabupaten Jombang. (Syarief Rahman/Abdullah Alawi)