IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Pesantren Alhamdulillah Akhiri Ngaji Ramadhan dengan Wayang Kulit

Sabtu 2 Juni 2018 09:30 WIB
Pesantren Alhamdulillah Akhiri Ngaji Ramadhan dengan Wayang Kulit
Rembang, NU Online
Pondok Pesantren Alhamdulillah Kemadu Sulang Rembang, Jawa Tengah menyelenggarakan khataman ngaji Ramadhan dengan pegalaran wayang kulit. Kegiatan yang berlangsung di halaman pesantren pada Jumat (1/6) malam tersebut menghadirkan  dalang Ki Sigid Ariyanto dengan lakon Dewa Ruci.  

Kegiatan dimulai pukul 20.00 WIB usai shalat terawih dan  diawali dengan sarasehan. Tampil beberapa narasumber dari ustadz pesantren dan Ki Sigid Ariyanto dengan tema Sinau Bareng Wayangan.

Muhammad Afif Jauhari, selaku ketua panitia Ngaji Ramadhan menuturkan bahwasannya santri yang selama ini terkesan berpenampilan apa adanya dianggap tidak peduli dengan kesenian. Harapannya dengan acara tersebut, santri lebih terbuka.

"Santri yang terkesan nglombrot karena tidak mementingkan penampilan, diharapkan peduli juga terhadap kesenian. Salah satunya wayang kulit," katanya.

Khataman ngaji Ramadhan dengan pagelaran wayang kulit mendapatkan respon baik dari santri dan masyarakat umum. “Karena ini untuk pertama kalinya dalam sejarah pondok, khataman ngaji Ramadhan dengan pagelaran wayang kulit,” ungkapnya.

Afif mengungkapkan bahwa wayang merupakan salah satu media dakwah yang digunakan walisongo. “Melalui wayang, Sunan Kalijaga menyampaikan ajaran Islam kepada masyarakat tanpa memaksa untuk menerimanya secara langsung,” terangnya.  

Walisongo melalui media wayang kulit dapat mempersatukan umat pada zaman itu. “Juga menjadikannya media dakwah untuk menyampaikan ajaran Islam tanpa memaksa orang untuk menerimanya," pungkasnya. (Ahmad Humam/Ibnu Nawawi)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG