MUDIK BARENG NU 2018

Pemudik Bareng NU Dimudahkan Pendaftaran Online

Pemudik Bareng NU Dimudahkan Pendaftaran Online
Suryati dan suaminya, pemudik tujuan Bangkalan.
Suryati dan suaminya, pemudik tujuan Bangkalan.
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Takmir Masjid (LTM)  menggelar Mudik Berkah Bareng NU 2018. Hingga Ahad (3/6) persiapan telah sampai pada tahap penukaran kode booking atau nomor registrasi. Agenda ini berlangsung di lantai dua masjid Annahdlah Gedung PBNU Kramat Raya Jakarta Pusat.

Para pemegang kode booking adalah yang telah melakukan pendaftaran secara online melalu aplikasi yang terhubung melalui laman NU Online pada 21-24 Mei lalu.

Suja, pemudik asal Kediri, Jawa Timur menuturkan, pendaftaran online Mudik Bareng NU ini sangat memudahkannya. “Lewat Android, tinggal mengisi data, formulir. Lalu kode registrasi dikirim beberapa hari kemudian,” ujar pemuda yang bekerja di percetakan di daerah Senen, Jakarta Pusat.

Kemudahan pendaftaran online juga diungkapkan oleh Suryati. Pemudik tujuan Bangkalan, Jawa Timur ini mengatakan mudik dengan tiga anggota keluarganya. Proses pendaftaran melalui online dibantu oleh anaknya.

“Enak, nggak pakai ngantre. Kalau dulu kan ngantre, lama,” ujar dia.

Ketua Panitia Mudik Berkah Bareng NU, Ibnu Hazen menuturkan, penggunaan aplikasi online untuk pendaftaran calon peserta sengaja dilakukan. Hal itu bertujuan untuk menghemat waktu dan memudahkan calon peserta bisa mendaftar dari mana saja tanpa harus datang ke Gedung PBNU.

“Kalau daftar langsung antrean panjang dan lama. Sering para pendaftar tidak kebagian tiket padahal lama mengantre di Gedung PBNU,” kata Ibnu.

(Baca: Suasana Penukaran Kode Booking Tiket Mudik Bareng NU)

Berdasarkan pelaksanaan mudik tahun-tahun sebelumnya para pendaftar berdatangan sejak sebelum subuh, walaupun pendaftaran dibuka pukul 09.00 WIB. Mereka ada yang mendorong-dorong pagar depan Gedug PBNU sehingga merepotkan satpam yang bertugas.

“Pendaftaran online ini lebih tertib,” tambah pria yang juga Sekretaris LTM PBNU.

Ibnu mengakui antusias masyarakat begitu tinggi sehingga tak lama sejak pendaftaran online dibuka, jumlah pendaftar membludak dan segera memenuhi kuota.

“Kami mohon maaf kepada calon pendaftar yang tidak mendapatkan tiket,” kata Ibnu.

Mudik Berkah Bareng NU tahun ini menyediakan tiga ribu kursi. Perjalanan mudik menggunakan armada bus. Selain ke kota-kota di Pulau Jawa dan Madura, mudik tahun ini juga menyediakan jurusan ke Lampung. Mudik Berkah Bareng NU 2018 merupakan penyelenggaraan tahun kedelapan oleh LTM PBNU.

Para pendaftar yang telah menukarkan kode booking dengan tiket, tinggal mengikuti perjalanan mudik yang diberangkatkan dari Gedung PBNU, Sabtu (9/6) pekan depan. (Kendi Setiawan)
BNI Mobile