IMG-LOGO
Nasional

Masyarakat Tanggapi Gerakan Rumah Ibadah Beriman LAZISNU

Ahad 3 Juni 2018 21:30 WIB
Bagikan:
Masyarakat Tanggapi Gerakan Rumah Ibadah Beriman LAZISNU
Relawan membersihkan masjid pada kegiatan Rumah Ibadah Beriman di Bekasi, Sabtu (2/6)
Jakarta, NU Online
Gerakan Rumah Ibadah Beriman (bersih, indah, dan nyaman) yang diadakan NU Care-LAZISNU melibatkan empat masjid/mushala di empat kabupetan. Para pengurus (takmir) menyampaikan tanggapan positif adanya gerakan tersebut.

"Kegiatan dari NU Care-LAZISNU ini mengena sasaran untuk misi membangun kebersamaan  masyarakat dalam membersihkan dan merawat rumah ibadah," kata takmir Mushala Miftahul Ulum RT 5 RW 4 Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sohibi Musa seperti dituturkan staf NU Care-LAZISNU, Ridwan Zein, Ahad (3/6).

Zein menuturkan antusiasme takmir dan masyarakat di Wedarijaksa membuatnya merasa bersyukur karena inisiatif dan partisipasi mereka dalam mendukung kegiatan tersebut.

“Dari ibu-ibu, jamaah ngaji hingga anak-anak kecil, juga anak PAC IPNU Wedarijaksa juga turut membantu. Ini adalah wujud kecintaan masyarakat terhadap mushala ini,” tambahnya. 

(Baca: LAZISNU Gerakkan Rumah Ibadah Beriman)

Dari Cilacap, staf NU Care-LAZISNU, Fuad Hasyim menyampaikan Ketua Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Baitussalam, Toha menuturkan adanya Gerakan Rumah Ibadah Beriman membuat Irmas sangat semangat menerimanya.

“Karena ini momentum pertama bersih-bersih masjid yang dibantu (pihak lain). Dengan ini kita bergerak bersama membersihkan masjid. Alhasil masjid kita jadi bersih,” ungkap Toha.

Selain di Pati dan Cilacap, Gerakan Rumah Ibadah Beriman NU Care-LAZISNU juga berlangsung di Bekasi (Masjid Ittihadul Ummah, Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi), dan Demak (Masjid At-Taqwa, Desa Wonosekar, Kecamatan Karangawen).

Ketua Pelaksana, Anik Rifqoh menjelaskan ragam aktivitas dilakukan dalam kegiatan tersebut. Yaitu bersih-bersih masjid, pemberian peralatan kebersihan, pemberian mukena, Al-Qur'an, serta santunan untuk marbot masjid.

Anik menambahkan di keempat lokasi di atas merupakan tahap pertama gerakan yang terselenggara atas kerja sama dengan Wardah. Kegiatan serupa akan dilangsungkan di Banyumas Jawa Tengah, DKI  Jakarta, dan Jombang Jawa Timur.

Gerakan Rumah Ibadah Beriman menjadi salah satu program NU Care-LAZISNU dalam Ramadhan ini. Secara keseluruhan, NU Care-LAZISNU mengusung tema Ramadhan Berbagi dan Menginspirasi, Lebih dari Berbagi. (Kendi Setiawan)

Bagikan:
Ahad 3 Juni 2018 23:30 WIB
Mendes Dorong Desa Kembangkan Pertanian Organik
Mendes Dorong Desa Kembangkan Pertanian Organik
Mendes Eko (foto: istimewa)
Bandung, NU Online 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mendorong masyarakat desa untuk mengembangkan pertanian organik. Pengembangan pertanian organik tersebut dapat dilakukan melalui BUMDes.

"Banyak limbah atau sampah yang bisa dijadikan kompos untuk pupuk organik, dan menjadi pertanian organik," ujar Eko saat berdialog dengan masyarakat, pendamping, dan perangkat desa, di Desa Bumiwangi, Ciparay, Kabupaten Bandung, Ahad (3/6).

Dikatakan, sudah banyak desa yang mengembangkan pertanian organik. Selain memberikan hasil panen yang lebih bagus, hal itu juga memberikan dampak ekonomis yang lebih baik bagi masyarakat desa.

"Harganya bisa naik tiga kali lipat," imbuhnya.

Dikutip dari suaramerdeka.com, Eko kembali mengingatkan bahwa penggunaan dana desa tidak hanya diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur. Namun, pengembangan BUMDes sesuai dengan sumber daya alam sekitar yang berdampak langsung bagi tingkat ekonomi harus menjadi hal yang utama.

"Bisa juga membangun desa wisata organik, anak-anak muda membuka kafe, kemudian pelestarian budaya yang bisa menghasilkan nilai ekonomis," lanjut Eko. (Red: Muiz)
Ahad 3 Juni 2018 20:45 WIB
LAZISNU Gerakkan Rumah Ibadah Beriman
LAZISNU Gerakkan Rumah Ibadah Beriman
Kegiatan Rumah Ibadah Beriman di Bekasi, Sabtu (2/6).
Jakarta, NU Online
Selama Ramadhan ini, NU Care-LAZISNU menggulirkan tema Ramadhan berbagi dan menginspirasi. Salah satu bentuk kegiatan adalah Gerakan Rumah Ibadah Beriman (bersih, indah, dan nyaman).

Penanggungjawab program, Anik Rifqoh menjelaskan ragam aktivitas pun dilakukan, seperti bersih-bersih masjid, pemberian peralatan kebersihan, pemberian mukena, Al-Qur'an, serta santunan untuk marbot masjid dan mushala.

(Baca: Berbagi dan Menginspirasi, Tema Ramadhan LAZISNU 2018)

Rumah Ibadah Beriman dilaksanakan dalam dua tahap.  Tahap pertama dilangsung pada Sabtu (2/6)  dan Ahad (3/6) di empat kabupaten yakni Bekasi, Jawa Barat; Pati, Demak, dan Cilacap di Jawa Tengah. 

Di Bekasi kegiatan berlangsung di Masjid Ittihadul Ummah, Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi. Cilacap di Masjid Jami’ Baitussalam, Desa Tambakreja, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap. 

Berikutnya Demak di Masjid At-Taqwa, Desa Wonosekar, Kecamatan Karangawen. Dan Kabupaten di Mushala Miftahul Ulum RT 5 RW 4 Wedarijaksa. 

Selain di keempat lokasi di atas, kegiatan juga akan dilangsungkan di Banyumas Jawa Tengah, DKI  Jakarta, dan Jombang Jawa Timur.

“Kegiatan ini berlangsung berkat kerja sama NU Care-LAZISNU dan Wardah,” papar Anik di Jakarta, Ahad (3/6). (Kendi Setiawan)

Ahad 3 Juni 2018 18:30 WIB
MUDIK BARENG NU 2018
Pemudik Bareng NU Dimudahkan Pendaftaran Online
Pemudik Bareng NU Dimudahkan Pendaftaran Online
Suryati dan suaminya, pemudik tujuan Bangkalan.
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Takmir Masjid (LTM)  menggelar Mudik Berkah Bareng NU 2018. Hingga Ahad (3/6) persiapan telah sampai pada tahap penukaran kode booking atau nomor registrasi. Agenda ini berlangsung di lantai dua masjid Annahdlah Gedung PBNU Kramat Raya Jakarta Pusat.

Para pemegang kode booking adalah yang telah melakukan pendaftaran secara online melalu aplikasi yang terhubung melalui laman NU Online pada 21-24 Mei lalu.

Suja, pemudik asal Kediri, Jawa Timur menuturkan, pendaftaran online Mudik Bareng NU ini sangat memudahkannya. “Lewat Android, tinggal mengisi data, formulir. Lalu kode registrasi dikirim beberapa hari kemudian,” ujar pemuda yang bekerja di percetakan di daerah Senen, Jakarta Pusat.

Kemudahan pendaftaran online juga diungkapkan oleh Suryati. Pemudik tujuan Bangkalan, Jawa Timur ini mengatakan mudik dengan tiga anggota keluarganya. Proses pendaftaran melalui online dibantu oleh anaknya.

“Enak, nggak pakai ngantre. Kalau dulu kan ngantre, lama,” ujar dia.

Ketua Panitia Mudik Berkah Bareng NU, Ibnu Hazen menuturkan, penggunaan aplikasi online untuk pendaftaran calon peserta sengaja dilakukan. Hal itu bertujuan untuk menghemat waktu dan memudahkan calon peserta bisa mendaftar dari mana saja tanpa harus datang ke Gedung PBNU.

“Kalau daftar langsung antrean panjang dan lama. Sering para pendaftar tidak kebagian tiket padahal lama mengantre di Gedung PBNU,” kata Ibnu.

(Baca: Suasana Penukaran Kode Booking Tiket Mudik Bareng NU)

Berdasarkan pelaksanaan mudik tahun-tahun sebelumnya para pendaftar berdatangan sejak sebelum subuh, walaupun pendaftaran dibuka pukul 09.00 WIB. Mereka ada yang mendorong-dorong pagar depan Gedug PBNU sehingga merepotkan satpam yang bertugas.

“Pendaftaran online ini lebih tertib,” tambah pria yang juga Sekretaris LTM PBNU.

Ibnu mengakui antusias masyarakat begitu tinggi sehingga tak lama sejak pendaftaran online dibuka, jumlah pendaftar membludak dan segera memenuhi kuota.

“Kami mohon maaf kepada calon pendaftar yang tidak mendapatkan tiket,” kata Ibnu.

Mudik Berkah Bareng NU tahun ini menyediakan tiga ribu kursi. Perjalanan mudik menggunakan armada bus. Selain ke kota-kota di Pulau Jawa dan Madura, mudik tahun ini juga menyediakan jurusan ke Lampung. Mudik Berkah Bareng NU 2018 merupakan penyelenggaraan tahun kedelapan oleh LTM PBNU.

Para pendaftar yang telah menukarkan kode booking dengan tiket, tinggal mengikuti perjalanan mudik yang diberangkatkan dari Gedung PBNU, Sabtu (9/6) pekan depan. (Kendi Setiawan)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG