::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Masyarakat Tanggapi Gerakan Rumah Ibadah Beriman LAZISNU

Ahad, 03 Juni 2018 21:30 Nasional

Bagikan

Masyarakat Tanggapi Gerakan Rumah Ibadah Beriman LAZISNU
Relawan membersihkan masjid pada kegiatan Rumah Ibadah Beriman di Bekasi, Sabtu (2/6)
Jakarta, NU Online
Gerakan Rumah Ibadah Beriman (bersih, indah, dan nyaman) yang diadakan NU Care-LAZISNU melibatkan empat masjid/mushala di empat kabupetan. Para pengurus (takmir) menyampaikan tanggapan positif adanya gerakan tersebut.

"Kegiatan dari NU Care-LAZISNU ini mengena sasaran untuk misi membangun kebersamaan  masyarakat dalam membersihkan dan merawat rumah ibadah," kata takmir Mushala Miftahul Ulum RT 5 RW 4 Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sohibi Musa seperti dituturkan staf NU Care-LAZISNU, Ridwan Zein, Ahad (3/6).

Zein menuturkan antusiasme takmir dan masyarakat di Wedarijaksa membuatnya merasa bersyukur karena inisiatif dan partisipasi mereka dalam mendukung kegiatan tersebut.

“Dari ibu-ibu, jamaah ngaji hingga anak-anak kecil, juga anak PAC IPNU Wedarijaksa juga turut membantu. Ini adalah wujud kecintaan masyarakat terhadap mushala ini,” tambahnya. 

(Baca: LAZISNU Gerakkan Rumah Ibadah Beriman)

Dari Cilacap, staf NU Care-LAZISNU, Fuad Hasyim menyampaikan Ketua Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Baitussalam, Toha menuturkan adanya Gerakan Rumah Ibadah Beriman membuat Irmas sangat semangat menerimanya.

“Karena ini momentum pertama bersih-bersih masjid yang dibantu (pihak lain). Dengan ini kita bergerak bersama membersihkan masjid. Alhasil masjid kita jadi bersih,” ungkap Toha.

Selain di Pati dan Cilacap, Gerakan Rumah Ibadah Beriman NU Care-LAZISNU juga berlangsung di Bekasi (Masjid Ittihadul Ummah, Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi), dan Demak (Masjid At-Taqwa, Desa Wonosekar, Kecamatan Karangawen).

Ketua Pelaksana, Anik Rifqoh menjelaskan ragam aktivitas dilakukan dalam kegiatan tersebut. Yaitu bersih-bersih masjid, pemberian peralatan kebersihan, pemberian mukena, Al-Qur'an, serta santunan untuk marbot masjid.

Anik menambahkan di keempat lokasi di atas merupakan tahap pertama gerakan yang terselenggara atas kerja sama dengan Wardah. Kegiatan serupa akan dilangsungkan di Banyumas Jawa Tengah, DKI  Jakarta, dan Jombang Jawa Timur.

Gerakan Rumah Ibadah Beriman menjadi salah satu program NU Care-LAZISNU dalam Ramadhan ini. Secara keseluruhan, NU Care-LAZISNU mengusung tema Ramadhan Berbagi dan Menginspirasi, Lebih dari Berbagi. (Kendi Setiawan)