Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pesantren Al-Aqobah Jombang Buka Universitas Terbuka

Pesantren Al-Aqobah Jombang Buka Universitas Terbuka
Jombang, NU Online
Pondok Pesantren Al-Aqobah Jombang, Jawa Timur bekerjasama dengan Persatuan Guru Nahdatul Ulama (Pergunu) membuka Universitas Terbuka (UT) mulai tahun 2018.

Menurut pengasuh Pesantren Al-Aqobah, KH Junaidi Hidayat bahwa pembukaan UT ini untuk memberikan peluang kepada para santri dan masyarakat luas yang ingin kuliah lagi. 

"Sistem UT ini cocok dengan karakter pesantren kita yang menjunjung belajar dengan konsep enjoy learning,” katanya, Ahad (3/6).

Dengan UT, tambah Kiai Junaidi, santri yang menghafal Al-Qur’an dan hadits tetap bisa kuliah. Selain itu, bagi masyarakat umum yang sibuk bekerja juga bisa tetap kuliah dengan daftar di UT Al-Aqobah.

"Kita fokus pada substansi, bukan pada bungkus. Esensi dari kuliah itu belajar, bukan gedung megah," tambahnya.

Sementara itu, Direktur UT Al-Aqobah, Ahmad Faqih memberikan penjelasan jika UT berstatus negeri dengan akreditasi A dan B. Selain itu, pilihan belajarnya memakai sistem jarak jauh. Ada yang model modul, model online dan semi tatap muka dan modul. 

"Biaya kuliah di UT itu murah. Khusus untuk wisuda, nantinya dilaksanakan di  Surabaya," ungkapnya.

Keunggulan UT sebut Faqih, berada pada pilihan jurusan yang variatif. UT ini memiliki banyak jurusan yang tidak ada di Jombang. Seperti jurusan ilmu perpajakan, ilmu perpustakaan, ilmu statistika dan keuangan publik.

"Kita punya 34 pilihan jurusan yang variatif. Jadi masyarakat Jombang dan sekitar tidak usah jauh-jauh ke Surabaya dan Malang untuk kuliah," beber Faqih.

Pria yang juga Ketua Pimpinan Cabang Pergunu Jombang ini mengatakan hal unik dari UT yakni sistem perkuliahan yang tidak memakai drop out.  “Di UT kemandirian seseorang mahasiswa dalam belajar menentukan kecepatan dalam belajar untuk mencapai wisuda,” katanya.

Kelebihan lain, UT sangat fleksibel untuk waktu kuliah serta banyak pilihan. “Yang pasti biayanya sangat terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah,” ungkapnya. 

Bagi yang berminat untuk menanyakan sejumlah informasi sekaligus melakukan pendaftaran, sekretariatannya berada di Pesantren Al-Aqobah Kwaron, Diwek, Jombang. (Sayrief Rahman/Ibnu Nawawi)

Posisi Bawah | Youtube NU Online