Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Perjuangan Rasulullah Bersifat Universal

Perjuangan Rasulullah Bersifat Universal
Habib Ahmad Hasan Alaydrus (berdiri).
Habib Ahmad Hasan Alaydrus (berdiri).
Jakarta, NU Online
Rasulullah Muhammad SAW telah memberikan contoh bagaimana berjuang secara benar, demi mencipta keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia. Perjuangan Rasulullah juga bersifat universal tak terbatas bagi kaum Muslim.

Hal itu disampaikan Habib Ahmad Hasan Alaydrus pada Buka Puasa Kebangsaan bersama Menteri Sosial Idrus Marham, Selasa (5/6).

Habib Ahmad menegaskan memperjuangkan kepentingan umum dan bangsa merupakan sebuah cita-cita yang agung. Para pahlawan bangsa yang beriman termasuk para ulama NU berjuang mempersembahkan segala yang mereka miliki bukan demi golongan semata, tapi demi negeri Nusantara. Tidak mengherankan jika perjuangan ulama NU melahirkan sebuah karya sejarah abadi.

“Jika kita mau mengikuti jejak mereka dalam mengharumkan bangsa dan negara, jelas kita harus ikuti jejak mereka yang berjuang secara ikhlas. Keikhlasan tidak akan bisa diraih tanpa keimanan yang kuat pada Allah SWT dan Rasul-Nya,” lugas Habib Ahmad yang merupakan murid Habib Abu Bakar bin Hasan Alattas Azzabidi. Habib Abu Hasan Alattas  adalah sahabat almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ketika masih studi di Irak.

Habib Ahmad juga menyampaikan bahwa kita semua adalah penerima amanah para pahlawan.Oleh karena itu kita harus semangat dalam menjalankan amanah untuk mencerdaskan bangsa dan menjaga Indonesia. "Dahulu ulama dan umara bersatu-padu. Saat ini pun kita harus berusaha mempererat persatuan dan kesatuan bangsa," kata dai muda alumni Suriah ini. 

Menurutnya, hal itu tidak akan terwujud tanpa menanggalkan ego. Memupuk rasa cintai dan menghormati ulama serta pahlawan bangsa juga harus terus dilakukan. (Abdul Hadi Hasan/Kendi Setiawan)


BNI Mobile