IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

LAZISNU Pringsewu Gratiskan Pengobatan Bagi Pemegang Kotak Koin Pondasi Akhirat

Sabtu 9 Juni 2018 23:30 WIB
Bagikan:
LAZISNU Pringsewu Gratiskan Pengobatan Bagi Pemegang Kotak Koin Pondasi Akhirat
Kabul Muliarto, Bendahara LAZISNU Pringsewu
Pringsewu, NU Online
Maksimalisasi program Kotak Koin Pondasi Akhirat Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung terus dilakukan oleh segenap pengurus. Selain disalurkan sesuai program baik jangka pendek, menengah dan panjang, LAZISNU Pringsewu akan melakukan inovasi program yaitu dengan menggratiskan pengobatan bagi para pemegang kotak saat mengalami sakit.

LAZISNU akan bekerjasama dengan dokter, bidan, dan tenaga medis di Kecamatan Pringsewu untuk program kesehatan ini. Program ini sedang diproses dan diperkirakan setelah Idul Fitri sudah dapat dilaksanakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Nantinya para pemegang Kotak Koin Pondasi Akhirat tidak usah membayar biaya pengobatan di dokter atau tenaga medis yang sudah menjalin kerjasama dengan LAZISNU Pringsewu," kata Bendahara LAZISNU Pringsewu, Kabul Muliarto, Sabtu (9/6).

Dengan langkah ini, Kabul berharap manfaat dari program Kotak Koin Pondasi Akhirat akan lebih terasa di masyarakat. Dan ini menurutnya akan meringankan beban biaya pengobatan khususnya bagi pemegang kotak dari golongan ekonomi menengah ke bawah.

Setelah sukses menjalankan program kotak koin yang juga merupakan program nasional Pengurus LAZISNU Pusat ini, LAZISNU Pringsewu bertekad terus melakukan inovasi dengan memaksimalkan program yang mengajak masyarakat untuk gemar bersahadaqah ini.

"Disamping santunan kesehatan berupa santunan persalinan, kematian, dan perawatan ditambah dengan pengobatan gratis ini, kedepan LAZISNU Pringsewu akan terus melakukan inovasi penyaluran dana koin dengan berbagai jenis program," terangnya.

Sehingga saat ini, LAZISNU Pringsewu terus melakukan sosialisasi manfaat shadaqah melalui Kotak Koin Pondasi Akhirat dan pendistribusian kotak ke seluruh Kecamatan di Kabupaten Pringsewu.

"Saat ini sudah ribuan kotak terdistribusi dan sudah terlihat potensi shadaqah yang sangat besar terutama di Kecamatan Pringsewu yang merupakan pilot project (percontohan) dari program ini. Dua kali pengumpulan sudah mencapai lebih dari 60 juta rupiah," terang Kabul saat sosialisasi program tersebut di Masjid Baiturrahim Pujodadi, Kecamatan Pardasuka.

Sosialisasi yang dilaksanakan berbarengan dengan Safari Ramadhan PCNU Pringsewu ini dihadiri oleh para pengurus MWC NU dan Ranting NU di Kecamatan Pardasuka serta warga NU di sekitar Masjid Baiturrahim. Pada kesempatan tersebut disalurkan juga bantuan berupa paket sembako kepada anak yatim piatu, para dhuafa dan imam shalat tarawih. (Muhammad Faizin)
Bagikan:
Sabtu 9 Juni 2018 22:0 WIB
Siswa MANU 9 dan MTs Darussa’adah Bagikan Bingkisan Lebaran
Siswa MANU 9 dan MTs Darussa’adah Bagikan Bingkisan Lebaran
Kendal, NU Online
Ratusan siswa Madrasah Aliyah NU 09 dan Tsanawiyah Darussa'adah, Bulak, Rowosari, Kendal, Jawa Tengah menyelenggarakan buka puasa dan berbagi paket lebaran bersama yatim dan dhuafa pada Sabtu (9/6). Kegiatan dipusatkan di halaman madrasah  setempat.

Kegiatan ini atas prakarsa Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan gerakan Pramuka bekerjasama dengan Gerak Peduli Kendal (GPK). Diawali dengan pembacaan shalawat, tadarrus Al-Qur'an, dan dilanjutkan berbagi paket lebaran kepada puluhan yatim dan dhuafa.

Ketua panitia, Amilatul Hidayah menyampaikan bahwa kegiatan sebagai bentuk pembelajaran bahwa di bulan Ramadhan dianjurkan berbagi kepada yatim, serta mereka yang kurang mampu. "Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk kaum dhuafa dan menjadi pelajaran untuk belajar berbagi kepada yang lebih membutuhkan," katanya saat sambutan.

Sakinatuzzakia salah satu penerima paket lebaran yang masih duduk di kelas satu sekolah dasar merasa sangat bergembira bisa berbuka bersama dan menerima paket lebaran. "Terima kasih atas bantuannya. Saya sangat senang sekali menerimanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Siswanto selaku kepala Madrasah Aliyah NU 09 Darussa'adah Rowosari menyambut gembira atas kegiatanyang digelar. Dirinya menganggap kegiatan yang bernuansa sosial ini penting sebagai pendidikan mengasah rasa empati sosial terhadap sesama terutama mereka yang membutuhkan. 

"Kegiatan-kegiatan sosial seperti ini agar selalu lestarikan sebagai pendidikan kepada siswa. Karena ruh bulan Ramadhan salah satunya adalah melatih diri untuk berbagi terhadap sesama," pungkasnya. (Sis Maula/Ibnu Nawawi)
Sabtu 9 Juni 2018 21:30 WIB
Koperasi Syirkah Muawanah Siap Salurkan Kredit
Koperasi Syirkah Muawanah Siap Salurkan Kredit
Yogyakarta, NU Online 
Obsesi besar Induk Koperasi Syirkah Muawanah (Inkopsim) untuk membangkitkan kembali kejayaan koperasi di tanah air, layak dicungi jempol. Untuk merealisasikan obsesi itu, pertemuan dan konsolidasi terus dilakukan oleh koperasi yang dipimpin HM Al Khaqqoh Istifa itu. 

Seteleh menggelar silaturrtahim dengan jajaran Dinas Koperasi dan UKM Provisi Jawa Barat, Jawa Tengah dan  Jawa Timur, kali ini Gus Khaqqoh dan jajarannya menggelar pertemuan dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY Yogyakarta, Jumat (8/6).

“Pertemuan ini hanya untuk konsolidasi pemantapan penyaluran Kredit Ultra Mikro (KUM). Dan alhadulillah Dinas Koperasi dan UKM Yogyakarta meresponnya secara  positif,” katanya kepada NU Online usai pertemuan.

Sama dengan provinsi lainnya, Gus Khaqqoh membidik seratus koperasi untuk difasilitasi penyaluran KUM. Kendati demikian, pemilihan sejumlah koperasi itu tidak boleh asal-asalan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Sebab, tidak sedikit koperasi yang kolaps justru setelah mendapatkan penyaluran dana.

“Pemilihannya kami tidak boleh sporadis, tapi harus terukur meski tidak semuanya mau,” tegasnya.

Dirinya memastikan bahwa koperasi yang akan dipilih sebagai tempat penyaluran KUM kelak, benar-benar sehat, baik dari sisi administrasi maupun komunitas debitur. Sebab jangan sampai pemerintah salah alamat dengan mengucurkan dana bagi koperasi yang  tidak sehat.

“Pesantren banyak memiliki koperasi, dan ternyata cukup sehat,” tandasnya. (Aryudi Abdul Razaq/Ibnu Nawawi)
Sabtu 9 Juni 2018 20:30 WIB
Ansor Jember Selenggarakan Ngaji Kebangsaan Ingatkan Bahaya Radikalisme
Ansor Jember Selenggarakan Ngaji Kebangsaan Ingatkan Bahaya Radikalisme
Jember, NU Online
Keinginan kelompok radikal untuk mengganti ideologi negara  sama sekali tidak punya landasan, baik dari sisi undang-undang  maupun logika. Sehingga gerakan mereka wajib dilawan oleh segenap anak bangsa. 

Demikian diungkapkan oleh Staf Khusus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Fendi Setyawan saat menjadi nara sumber dalam acara  Ngaji Kebangsaan; Melawan Terorisme dan Idealisme di gedung Gerakan Pemuda Ansor Jember, Jawa Timur, Jumat (8/6).

Menurutnya, dalam kacamata undang-undang, jelas tidak bisa dibenarkan siapapun yang ingin mengganti ideologi Pancasila. Kemudian jika alasan mereka karena sistem yang ada sekarang tidak membuat rakyat Indonesia sejahtera, juga tidak logis.

"Jika rakyat tidak makmur, bukan sistemnya yang diubah. Itu masih bisa diperdebatkan. Mungkin implementasinya yang kurang, sehingga perlu disempurnakan," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jember, Kholidi Zaini menegaskan bahwa ngaji kebangsaan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan sekaligus kewaspadaan para anggota Ansor terhadap bahaya gerakan radikalisme. Sebab, gerakan yang satu ini tak pernah mati karena yang diperjuangkan adalah ideologi.

"Kita harus selalu waspada. Tak boleh lengah," tegasnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan deklarasi melawan terorisme yang ditandai dengan pengenaan kaos warna hitam bertuliskan #2018 Tumpas Teroris. (Aryudi Abdul Razaq/Ibnu Nawawi)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG
IMG