::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ketua Ansor Jateng: Pemudik adalah Jihad fi Sabilillah

Senin, 11 Juni 2018 15:30 Daerah

Bagikan

Ketua Ansor Jateng: Pemudik adalah Jihad fi Sabilillah
Semarang, NU Online
Seperti tahun sebelumnya, Barisan Ansor Serbaguna atau Banser mendirikan posko atau pos komando mudik. Setidaknya ada 12.480 personel yang diturunkan untuk mengamankan arus mudik tahun ini.

Posko Mudik Banser 2018 ini sebagian besar berbasis mushalla, masjid, pesantren dan kantor NU. Tiap posko menyediakan informasi lalu lintas, informasi jalur alternatif, tempat peristirahatan, tempat salat, takjil buka puasa, posko kesehatan, dan pijat gratis.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah, H Sholahuddin Aly mengungkapkan, posko mudik Banser ini adalah kegiatan rutin tiap tahun untuk membantu pemudik, agar nyaman dan selamat sampai tujuan.
"Kami menganggap para pemudik termasuk bagian dari orang yang jihad fi sabilillah,” katanya, Senin (11/6). 

Karena mereka sudah jauh bekerja memikirkan rumah tangga, dan momentum lebaran pulang menjumpai keluarga untuk bersilaturahim. “Maka kami terpanggil membantu arus mudik," ungkap Gus Sholah, sapaan akrabnya.

Selain itu, Banser juga menerjunkan ribuan personel Satuan Khusus Barisan Ansor Serbaguna Lalu-Lintas (Balantas) untuk membantu mengurai kemacetan yang kemungkinan akan terjadi.

Ditegaskan oleh Naga Bonar, Posko Banser ini bertugas sejak H-5 sampai H+5 lebaran.

Posko Banser ini nantinya berkoordinasi terpadu dengan kepolisian dan aparat pemerintah terkait untuk bahu membahu menjaga keamanan perayaan Idul Fitri.

Pada Ahad (10/6) malam, Gus Sholah telah memberangkatkan tim monitoring Posko Mudik Banser 2018 dari halaman kantor Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah di Jalan Dr Cipto, Kota Semarang.

"Untuk sahabat-sahabat Banser, kita dari GP Ansor Jawa Tengah menyiapkan hadiah. Hadiahnya adalah tiga ekor kambing, untuk tiga posko terbaik. Untuk pemudik, jangan sungkan singgah di Posko Banser," ungkapnya.

Adapun, nomor telepon darurat yang dapat dihubungi yakni Mukhtar Makmun dengan nomor 081334463455, Abdullah  di 081329879992, juga Shidqon Hamzah 08124124187. (Red: Ibnu Nawawi)