Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Jelang Hitung Manual, Bom Bunuh Diri Incar Kotak Suara di Iraq

Jelang Hitung Manual, Bom Bunuh Diri Incar Kotak Suara di Iraq
Ilustrasi (Anadolu Agency)
Ilustrasi (Anadolu Agency)
Baghdad, NU Online
Seorang polisi tewas dan 22 orang terluka dalam aksi bom bunuh diri dengan target kotak suara di provinsi Kirkuk utara, Irak, pada Ahad (1/7), menurut seorang petugas polisi setempat.

Dikutip dari Anadolu Agency, Kapten Polisi Hamed al-Obeidi mengungkapkan bahwa seorang anggoa ISIS menabrakkan mobilnya yang penuh bahan peledak ke sebuah gudang kotak suara di selatan provinsi Kirkuk.

Dia mengatakan sebagian besar orang yang terluka dalam serangan itu adalah personel keamanan.

Serangan hari ini terjadi dua hari menjelang komisi pemilihan Irak mulai penghitungan manual suara yang dikumpulkan saat pemilihan parlemen pada 12 Mei lalu. Koalisi Muqtada al-Sadr dari kalangan Syiah memenangkan suara terbanyak.

Parlemen Irak awal bulan ini memilih mendukung amandemen undang-undang pemilu Irak yang memungkinkan suara untuk diceritakan secara manual. Keputusan itu pun sudah disahkan oleh Mahkamah Agung Federal.

Hasil pemilihan parlemen telah dirusak oleh kontroversi dan tuduhan kecurangan, sebuah tuduhan yang kemudian dibantah oleh koalisi terkemuka. (Red: Mahbib)

BNI Mobile