Rais Aam: Halal Bihalal Momentum Perkuat Silaturahim Antarwarga

Rais Aam: Halal Bihalal Momentum Perkuat Silaturahim Antarwarga
Jakarta, NU Online 
Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya Jakarta Utara, untuk menjadikan momentum halal bi halal untuk memperkuat ukhuwah, baik islamiyah, wathaniyah, dan basyariyah. Hal itu disampaikan Kiai Ma'ruf dalam halal bi halal masyarakat Jakarta Utara di Ballrooom Jakarta Islamic Center, Ahad (8/7). 

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ini juga mengajak untuk mengubur kesalapahaman dan menghilangkan kegaduhan.

"Halal bi halal ini hendaknya menjadi momentum untuk mempererat silaturahim kita semua, antarwarga bangsa," ujar Kiai Ma'ruf.

Sebab menurutnya, Idul Fitri merupakan hari kasih sayang, yaumul marhamah. Sehingga jika ada hal-hal yang kurang tersambung, maka halal bi halal ini menjadi penyambung kembali tali silaturahim antarsesama Muslim atau sesama warga bangsa.

"Hendaknya kita menghilangkan dan mengubur kesalahpahaman atau salah pengertian, su'ud tafahum, antarwarga bangsa. Kemudian kita membangun hubungan husnud tafahum, saling pengertian sehingga tidak ada konflik antarsesama," tutur kiai yang berdomisili di wilayah Koja, Jakarta Utara ini.

Kiai Ma'ruf juga menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki landasan bernegara yang kuat, yakni, sebuah titik temu sebagai bangsa yang disebut Pancasila. Kemudian, Indonesia juga punya sebuah kesepakatan yang kuat, yaitu Piagam Jakarta yang setelah dibuang tujuh kata dijadikan sebagai UUD 1945.

"Kita berada di bingkai keindonesiaan, NKRI yang satu. Akan tetapi, karena tingkat kemajemukan yang tinggi, maka potensi konflik jelas tinggi. Karena itu, kita harus jaga, kawal, dan rawat secara lahiriah dan batiniah," pungkasnya. (Khoirul Rizqy At-Tamami/Abdullah Alawi)

BNI Mobile