Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HAUL SYEKH NAWAWI

Syekh Nawawi Al-Bantani Ulama Besar yang Mendunia

Syekh Nawawi Al-Bantani Ulama Besar yang Mendunia
Kiai Ma'ruf Amin pada haul Syekh Nawawi, Jumat (13/7)
Kiai Ma'ruf Amin pada haul Syekh Nawawi, Jumat (13/7)
Serang, NU Online
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Syekh Nawawi al-Bantani adalah seorang ulama besar yang tidak hanya diakui di Indonesia, namun juga harum namanya di seluruh penjuru dunia. Menurutnya ada beberapa hal penting yang dapat dipelajari dari Syekh Nawawi dalam mengamalkan Al-Qur'an dan sunah Rasulullah saw.

"Hal yang utama adalah Syekh Nawawi al-Bantani berupaya memahami Islam dengan sebaik-baiknya melalui pemahaman yang mendalam terhadap Al-Qur’an dan hadits," kata Hadi pada haul ke-125 Syekh Nawawi al-Bantani di Tanara, Serang, Banten, Jumat (13/7).

"Beliau katakan, sudah seharusnya kita menjadi contoh bagi pelaksanaan syariat Islam yang kaffah, syariat islam yang yang merupakan rahmatan lil ‘alamin," lanjutnya.

Menurutnya umat Islam Indonesia harus menjadi umat yang maju, berwawasan luas, menjalankan ibadah dengan baik serta cinta tanah air sekaligus menjadi motor persatuan dan kesatuan bangsa.

Bangsa Indonesia, kata Hadi, sangat besar dan majemuk. Kita harus sadar bahwa bangsa ini memiliki keanekaragaman. "Kata bhineka tunggal ika harus menjadi kekuatan kita sebagai bangsa Indonesia. Bhineka tunggal ika bukan untuk dipertentangkan," paparnya. 

Terakhir beliau sampaikan kepada para hadirn yang ada di acara tersebut agar Allah swt mengampuni segala kekurangan kita. "Serta senantiasa memberi petunjuk, bimbingan, dan kekuatan dalam melanjutkan pengabdian kita kepada bangsa dan negara Indonesia yang sama-sama kita cintai bersama," pungkasnya.

Pada haul tersebut juga dihadiri KH Ma'ruf Amin dan beberapa tokoh termasuk Ustad Solmed. (Lutfy al-Fadhany/Kendi Setiawan)
Posisi Bawah | Youtube NU Online