IMG-LOGO
Risalah Redaksi

Menanti Inovasi Gerakan Para Pengaji dan Penghafal Al-Qur’an

Ahad 22 Juli 2018 15:45 WIB
Bagikan:
Menanti Inovasi Gerakan Para Pengaji dan Penghafal Al-Qur’an
Ilustrasi (Reuters)
Organisasi para pengaji dan penghafal Al-Qur’an di lingkungan Nahdlatul Ulama, Jamiyyatul Qurra wal Huffadh NU (JQHNU) selesai sudah melakukan musyawarah tertinggi pada 15 Juli 2018 di Pondok Pesantren Assidiqiyah, Kerawang. Pemimpin baru sudah terpilih dengan amanat berat untuk menggerakkan organisasi pada era perubahan lingkungan sosial budaya yang sangat cepat dan kecenderungan mengerasnya pandangan keagamaan akibat masuknya ajaran Islam transnasional serta berkembangnya media sosial sebagai pilihan belajar keagamaan.

Tradisi menghafal Al-Qur’an sudah lama tumbuh dan berkembang di lingkungan pesantren-pesantren NU. Sejumlah pesantren secara khusus mengembangkan para menghafal Quran ini. Keberadaan JQHNU adalah untuk mewadahi tradisi yang sudah lama hidup ini. Di antara di Jawa yang sangat terkenal adalah pesantren Krapyak dan Pesantren Arwaniyah Kudus. Di dua pesantren tersebut, para penghafal Al-Quran dari seluruh Indonesia belajar dan kemudian menyebarluaskan tradisi menghafal tersebut hingga kini. Tradisi tilawah Al-Qur’an atau seni membaca Al-Qur’an kini juga berkembang luas. Banyak acara yang digelar dari tingkat lokal sampai internasional dengan intensitas yang rapat. 

Jika dulu, hanya komunitas Nahdliyin yang cukup intens dalam membaca dan menghafalkan Qur’an, kini perhatian dan minat publik untuk membaca dan menghafalkan Qur’an ini meningkat dengan pesat. Pesantren tahfidh berdiri di mana-mana dengan peminat yang luar biasa banyak, bukan hanya dari komunitas pesantren NU. Tradisi mengaji Al-Qur’an yang dikhatamkan bersama juga berkembang dalam kelompok One Day One Juz (ODOJ). Teknologi telah menembus jarak sehingga koordinasi siapa membaca juz atau surat Al-Qur’an yang ke berapa menjadi mudah dalam sebuah grup ODOJ.

Berbagai perguruan tinggi memberikan beasiswa khusus kepada para penghafal Qur’an sebagai bentuk apresiasi kepada mereka. Hanya orang-orang cerdas yang mampu menghafalkan sedemikian banyak ayat. Demikian pula, sejumlah pesantren Al-Qur’an memberikan beasiswa kepada santri yang menghafalkan Al-Qur’an. 

Satu aspek yang belum mendapat perhatian yang memadai adalah mempelajari tafsir Al-Qur’an. Belum banyak pesantren yang mengkhususkan diri dalam bidang tafsir. Pesantren tahfidh yang sudah lama dengan puluhan tahun dan melahirkan ribuan hafiz-hafizah juga belum terlihat mengarahkan kebijakannya untuk mengembangkan kurikulum dalam bidang tafsir. Bidang ini lebih banyak dikaji di perguruan tinggi Islam. 

Menghafal Al-Qur’an, bagi orang Indonesia yang berbahasa ibu bukan bahasa Arab bukan persoalan mudah dalam konteks memahami makna yang terkandung di dalamnya. Butuh kerja ekstra untuk belajar bahasa Arab dan lalu belajar metodologi tafsirnya. Jika ingin tak sekadar hafal, maka langkah-langkah tersebut harus dilakukan. Dengan perencanaan yang baik, tentu hal tersebut akan dapat dilakukan. Sangat disayangkan misalnya, sudah menghafal Al-Qur’an pada usia 20 atau 30 tahunan dan kemudian sampai usia 60 sampai 70 tahunan tetap saja berkutat pada apa yang telah dipelajari 30 tahun yang lalu. 

Penguatan aspek tafsir Al-Qur’an ini penting mengingat, belakangan ini, terdapat kelompok yang memaknai Al-Qur’an hanya secara tekstual. Memiliki semangat beragama tinggi tetapi kurang memiliki pengetahuan. Mereka berusaha menafsirkan Al-Qur’an hanya berdasarkan terjemahan saja atau sekadar menjadi jamaah kelompok pengajian. Dengan bekal sekadarnya tersebut, mereka sudah merasa paling benar dalam beragama. Adanya ahli-ahli tafsir dengan kredibilitas tinggi akan mampu menjelaskan dan menafsirkan dengan baik makna dari sebuah ayat dengan metodologi yang dapat dipertanggungjawabkan. 

Persoalan lain adalah upaya politisasi ayat-ayat Al-Qur’an yang dilakukan kelompok politik tertentu untuk kepentingan mereka sendiri. Ajaran agama ditafsirkan yang menguntungkannya. Umat Islam lain, yang tidak sejalan dengan pandangan politiknya menjadi musuhnya. Para ahli tafsir bisa menetralkan penggunaan ayat-ayat untuk kepentingan politik ini kepada publik.

Penguatan kajian tafsir Al-Qur’an yang selama ini kurang menonjol sudah layaknya mendapatkan perhatian serius dalam program kerja JQHNU. Ke sanalah para penghafal harus diarahkan, menjadi intelektual agama dengan pengkhususan tafsir. Mereka akan mampu memberi pengaruh lebih besar terhadap corak keberagaman di Indonesia. Para intelektual Muslim, salah satunya para pengkaji Al-Qur’an yang mampu menanamkan pandangan agama ke isi kepala anak-anak muda yang kini rentan beralih pada kelompok radikal yang berkembang melalui dunia maya. 

Inovasi gerakan tentu bukan hal yang mudah karena membutuhkan banyak sumber daya. Tetapi hal ini akan membuat organisasi lebih dinamis, lebih menantang, dan memberi kontribusi yang lebih besar kepada pengkajian Islam di Indonesia yang kini sedang mengembangkan kekhasannya. Tafsir-tafsir baru yang lebih kontekstual diperlukan untuk menambah kekayaan kajian keagamaan seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan sosial kemasyarakatan. 

Tentu saja, kerja-kerja besar tersebut tidak dapat dilakukan sendiri. Sinergi dengan perguruan tinggi Islam, Kementerian Agama, lembaga pengkaji tafsir, komunitas internasional dan pemangku kepentingan lainnya bisa dilakukan. Hasil yang dicapai juga tidak dapat diperoleh dengan instant atau seketika. Tidak jika upaya ini berhasil, akan memberi pengaruh jangka panjang dalam cara keberislaman di Indonesia yang moderat dan damai ini. (Achmad Mukafi Niam)
Tags:
Bagikan:
Ahad 15 Juli 2018 9:30 WIB
Mensyukuri 15 Tahun NU Online Dipercaya Masyarakat
Mensyukuri 15 Tahun NU Online Dipercaya Masyarakat
Tanggal 11 Juni merupakan hari istimewa bagi NU Online karena pada setiap tanggal tersebut, situs resmi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini menandai pertambahan usianya. Diluncurkan pada 11 Juli 2003, pada 2018 ini, kami genap berusia 15 tahun memberikan layanan informasi ke-NU-an dan keislaman kepada masyarakat, dan terutama kepada warga NU. 

Apresiasi, dukungan, dan harapan agar kami lebih baik datang dari para tokoh masyarakat dan warganet. Menteri Agama melalui akun twitternya berharap NU Online terus mencerahan dan menebar perdamaian kepada siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Hal yang sama juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dosen Senior Monash Law School Australia Nadirsyah Hosen berpesan agar NU Online tetap menjadi corong Aswaja dengan menebarkan Islam rahmatan lil ‘alamin. 

Sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia banyak isu nasional yang mendapat tanggapan dari NU. Sebagai media resmi, NU Online selalu berusaha memenuhi kehausan publik terkait informasi kegiatan, sikap, dan kebijakan Nahdlatul Ulama. Advokasi-advokasi NU terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat bawah atas ketidakadilan juga menjadi perhatian penting untuk membela mereka. Tak kalah pentingnya adalah bagaimana menginsipasi dan menularkan program-program sukses yang digagas di satu daerah agar bisa direplikasi ke lokasi lain di suatu kepengurusan Nahdlatul Ulama.

Masalah-masalah keagamaan menjadi titik fokus utama NU Online. Masyarakat umum menginginkan adanya panduan yang otoritatif terhadap tata cara menjalankan amaliyah keagamaan seperti shalat, zakat, puasa, dan lainnya. Bagi kalangan pesantren, banyak hal-hal yang dianggap sederhana seperti niat zakat atau niat puasa rajab. Bagi publik umum, yaitu kelompok masyarakat yang tidak memperoleh pendidikan agama secara khusus sebagaimana kelompok santri, hal tersebut menjadi persoalan. Internet memberi panduan yang praktis. Dengan adanya mesin pencari seperti Google dan Yahoo, maka segala kebutuhan masyarakat akan tuntunan keagamaan dengan mudah bisa diakses. Karena itu, sangat penting bagi NU Online untuk menyediakan ruang khusus pembahasan masalah-masalah keislaman untuk membantu masyarakat menemukan solusi atas persoalan tersebut. 

NU harus mengantisipasi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari solusi permasalahan keagamaan. Jika pada masa lalu, masyarakat datang ke kiai untuk menemukan solusi masalah keagamaannya, pada masa mendatang, sebagian besarnya akan mengakses internet untuk mencari jawabannya. Mengingat banyaknya persoalan khilafiyah, maka menjadi tugas utama NU Online untuk memastikan bahwa amaliyah NU beserta dalil-dalilnya dapat dengan mudah diakses publik di internet untuk memandu masyarakat agar mereka beribadah dengan tenang karena apa yang mereka lakukan memiliki pijakan yang kuat. 

Salah satu keunggulan internet adalah adanya komunikasi dua arah. Publik bisa secara langsung memberikan tanggapan atas artikel-artikel yang dimuat atau mengusulkan sesuatu untuk kebaikan NU. Media sosial menjadi sarana untuk komunikasi timbal balik ini secara efektif. Seiring dengan perkembangan medsos ini, NU Online memberi perhatian penting terhadap pengembangan medsos. Kini medsos bahkan menduduki peringkat pertama sebagai sarana yang dibuka pertama kali atau paling banyak dibuka di internet. Saat bangun atau menjelang tidur, yang dibuka pertama kali adalah Whatsapp atau Facebook. Medsos menjadi sarana efektif untuk mendiseminasi informasi.

Di samping kemudahan dari media sosial yang memungkinkan kita terhubung dengan teman lama yang sudah lama tak bersua, penyebaran hoaks menjadi tantangan yang harus diatasi. Orang-orang tak bertanggung jawab dengan sengaja menyebarkan berita bohong yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Ajaran-ajaran NU termasuk yang menjadi sasaran dari upaya disinformasi dari kelompok-kelompok yang tidak suka.

Media sosial memiliki kelebihan akan kecepatan penyebaran informasi. Masalah yang timbul adalah, tidak adanya proses pengecekan ulang dan menjagaan kualitas informasi sebagaimana yang terjadi di media massa di mana terjadi proses pengecekan selama beberapa tahap dari seorang jurnalis di lapangan, ke redaktur sampai dengan ke pemimpin redaksi. NU Online memiliki tugas untuk memastikan akurasi informasi tentang ke-NU-an yang bisa menjadi panduan bagi pengurus di berbagai tingkatan dan warga NU untuk mengambil sikap.  

Inovasi-inovasi baru teknologi informasi akan terus muncul. Mereka yang tidak mengikuti perkembangan baru akan ditinggalkan publik. Konvergensi media dalam bentuk teks, foto, dan video menjadi tantangan dalam beberapa tahun ke depan agar NU Online tetap mampu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan baik. Hal ini membutuhkan sumber daya yang  banyak. Kami terus melangkah menuju inovasi-inovasi baru tersebut guna memenuhi tuntutan pengunjung NU Online.

Keterlibatan para kontributor yang mengirimkan beragam tulisan memiliki andil besar dalam menjaga kuantitas dan kualitas tulisan-tulisan di NU Online. Kontributor berita yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia secara rutin mengirimkan laporan kegiatan-kegiatan NU di wilayahnya. Para penulis keislaman yang berasal dari berbagai pesantren dan kemudian melanjutkan ke pendidikan formalnya di berbagai perguruan tinggi Islam memberikan kontribusi besar tulisan-tulisan keislaman yang kini secara rutin terus kami tingkatkan kuantitasnya. 

Dukungan-dukungan dalam bentuk lain juga diberikan dengan antusias berupa akses dana, saran-saran tata kelola media, dan hal-hal lainnya. Banyak orang merasa bergembira mampu memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya untuk kemajuan NU Online. Tentu saja kami mengucapkan banyak terima kasih. Semoga kerja sama tersebut dapat terus berlangsung dan ditingkatkan untuk meningkatkan layanan informasi ke-NU-an dan keislaman kepada publik. (Achmad Mukafi Niam)

Rabu 4 Juli 2018 23:45 WIB
Belajar dari Pilkada: Menuju Demokrasi yang Matang
Belajar dari Pilkada: Menuju Demokrasi yang Matang
Salah satu calon gubernur Maluku Utara Ahmad Hidayat Mus dan calon bupati Tulungagung Syahri Mulyo yang keduanya ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan suara terbanyak dalam pilkada serentak 2018 yang berlangsung akhir Juni lalu. Sejumah mantan terpidana korupsi yang juga mencalonkan diri dalam pilkada tersebut juga mendapat dukungan suara yang luamayan banyak sekalipun tidak terpilih. Kini, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang melarang mantan terpidana korupsi juga ditentang oleh banyak pihak.

Apa sebenarnya yang terjadi dalam pikiran masyarakat, ketika suara pemberantasan korupsi begitu kencang disampaikan, tetapi ketika mendapatkan kesempatan memilih pemimpin, mereka yang sedang menghadapi masalah hukum tetap dipilih. Apakah masyarakat sudah demikian permisif terhadap korupsi? Saat jalan-jalan di kampungnya rusak dan tidak dibenahi, mereka mengumpat pemimpinnya. Saat layanan birokrasi kurang memuaskan, mereka mengeluh buruknya pemerintahan, tetapi saat-saat menentukan dalam pemilihan umum, mereka kembali memilih pemimpin-pemimpin yang kurang kompeten, baik secara moral maupun manajerial.

Para calon yang bertarung dalam pilkada menggunakan beragam cara untuk bisa meraih simpati masyarakat. Cara-cara yang formal seperti kampanye terbuka, dukungan mesin partai atau tokoh masyarakat maupun cara-cara bawah tanah yang dalam bentuk politik uang dengan beragam variannya. Bauran dari beragam faktor ini ikut menentukan kemenangan mereka dalam pilkada.

Tahapan pertama yang harus dilalui seorang calon pemimpin daerah adalah mendapat dukungan partai. Ini bukan hal yang mudah karena banyak sekali orang yang berminat untuk melamar. Ketua atau elit partai di daerah tentu ingin ikut pertarungan tetapi belum tentu populer. Belum lagi jaringan oligarki politik di daerah tersebut. Ada pula politisi di tingkat pusat yang melobi ketua umum partai agar bisa terpilih. Besarnya biaya politik juga mendorong para pengusaha lokal yang sudah merasa sukses untuk mencoba peruntungan dalam politik. Di sini, orang-orang yang pernah bermasalah dengan hukum atau sedang bermasalah ikut bertarung. Beberapa orang akhirnya mendapat tiket untuk bertarung.

Pemenang akhir dari pertarungan internal ini sesungguhnya belum tentu calon-calon terbaik yang dikehendaki rakyat. Sejumlah partai yang memiliki basis kuat di daerah tertentu calon-calon yang diusung kalah. Jumlah suara yang diperoleh dalam pemilu legislatif tidak secara otomatis merupakan dukungan dalam pilkada. Beberapa orang bermasalah yang memiliki jejak kurang baik atau sedang bermasalah akhirnya ada juga yang menang. Kesadaran bahwa calon yang diusung harus orang-orang terbaik sudah meningkat, tetapi hasil yang menunjukkan bahwa orang tertentu, sekalipun memiliki catatan merah, tetap dipilih oleh rakyat mendorong elit partai untuk berspekulasi mengusung calon-calon yang tidak sepenuhnya didukung oleh rakyat, tetapi lebih pada pertimbangan elit politik yang menentukan siapa yang akan diusung.

Demokrasi liberal dengan mekanisme satu orang satu suara mensyaratkan kampanye yang luas. Hal ini tentu saja memakan ongkos politik yang mahal. Mesin partai untuk meraih dukungan juga hanya bisa digerakkan jika ada uang operasional bagi mereka. Tak ada yang gratis dengan memperjuangkan mengedepankan ideologi partai sebagaimana masa lalu. Politisi dengan gampang loncat dari satu partai ke partai lain sejauh mereka memiliki sumber daya yang dimanfaatkan partai. Pragmatisme dari partai menyebabkan kader partai di jajaran bawah enggan untuk melakukan kerja-kerja politik tanpa dukungan dana operasional. 

Lembaga penyelenggara pemilu juga belum sepenuhnya dipercaya oleh masyarakat. Masing-masing calon harus menyiapkan saksinya sendiri-sendiri untuk mengawal suara di tiap tempat pemungutan suara. Ini tentu saja biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh politisi yang sedang berkontestasi. Ini merupakan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Jika berhasil, maka akan cukup menekan biaya pemilihan bagi masing-masing calon.

Cara yang paling kasar digunakan dalam kontestasi pilkada adalah politik uang. Sesungguhnya ini sudah berakar lama dalam tradisi politik lokal pada pemilihan kepala desa. Rakyat yang tidak mendapat uang saku tidak mau datang untuk memilih karena lebih mengutamakan bekerja di ladang. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan dukungan. Tradisi ini kemudian dgunakan dalam kontestasi politik yang lebih luas. Dulu dikenal istilah serangan fajar, yaitu pada malam sebelum pemilihan, para pemilih mendapatkan uang dari calon tertentu untuk memilihnya. 

Akumulasi dari berbagai biaya politik ini menyebabkan calon-calon yang ingin berkontestasi harus memiliki modal besar. Hal ini hanya dimiliki oleh para penguasa, politisi yang menggunakan kekuasaannya untuk mengakumulasi orang melalui korupsi, atau politisi yang memiliki jaringan pengusaha yang bersedia memberi modal dengan konsekuensi pembagian kue-kue proyek jika menang dalam pemilu. 

Mengubah segala tradisi politik tidak sehat yang sudah mengakar kuat di masyarakat bukanlah hal yang mudah. Jika ditengok ke belakang, beberapa permasalahan seperti konflik antarmasyarakat saat pilkada sudah jauh berkurang. Mendidik masyarakat untuk memilih calon yang baik akan memastikan daerah mereka akan lebih baik dalam periode lima tahun ke depan. Menyejahterakan masyarakat akan memastikan bahwa mereka tidak akan tergiur dengan pilihan-pilihan jangka pendek berupa politik uang. Perbaikan sistem pemilu penting terus dilakukan untuk mendorong pemilu yang efektif dan efisien serta terpercaya oleh masyarakat. 

Kepada mereka yang terpilih, kini saatnya untuk mulai memikirkan rancangan secara lebih detail bagaimana janji-janji kampanye dalam segera dilaksanakan begitu mereka dilantik. Bukan lagi waktu untuk terus mengumbar wacana dan janji karena tugas pemimpin untuk melaksanakan kerja-kerja nyata. Inilah jalan panjang menuju demokrasi yang lebih matang di Indonesia. (Achmad Mukafi Niam)


Rabu 27 Juni 2018 5:0 WIB
Saatnya Warga NU Jatim Memilih Pemimpin Terbaik
Saatnya Warga NU Jatim Memilih Pemimpin Terbaik
Pada Rabu, 27 Juni penduduk di 171 provinsi, kabupaten, dan kota akan melakukan pemilihan pemimpinnya dalam pilkada serentak. Ini merupakan tahapan penting demokrasi lokal yang akan menentukan kondisi masyarakat selama lima tahun mendatang. Pencoblosan hanya berlangsung dalam hitungan detik, tetapi mempengaruhi kehidupan rakyat dalam jangka panjang. 

Bagi NU, wilayah yang mendapat perhatian khusus adalah pemilihan gubernur Jawa Timur mengingat provinsi tersebut merupakan basis utama warga NU. Perkembangan Jawa Timur lima tahun ke depan dan jangka panjangnya sangat penting bagi Nahdlatul Ulama sebagai organisasi untuk memastikan bahwa pemimpin terpilih mampu memimpin dengan baik. Di Jatim, ribuan pesantren, sekolah, dan lembaga amal usaha NU berdiri untuk membantu mendidik dan memberdayakan masyarakat . Sinergi yang baik antara NU dan pemerintah sangat menentukan keberhasilan program-program NU.

Dua calon gubernur yang berkompetisi merupakan kader terbaik NU, yaitu Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut satu sedangkan nomor urut dua, Saifullah Yusuf-Puti Guntur. Siapa pun yang terpilih, merupakan kader terbaik NU. Khofifah Indar Parawansa adalah ketua umum Pimpinan Pusat Muslimat NU yang sukses menggerakkan para ibu di lingkungan NU dengan beragam program pemberdayaan. Sebelumnya, ia menjabat sebagai menteri sosial RI. Karier politiknya cemerlang sejak usia muda dengan menjadi anggota DPR RI. Pada era kepresidenan Gus Dur, ia dipercaya menjadi Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan.

Sementara Saifullah Yusuf adalah ketua umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor dari tahun 1999 sampai 2010. Ia juga matang dalam berpolitik dengan menduduki sejumlah jabatan publik. Pelajaran politiknya di bawah bimbingan langsung Gus Dur. Ia menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan selanjutnya sebagai wakil gubernur Jawa Timur selama dua periode. Ia paham kondisi Jawa Timur, apa yang sudah dicapai dan apa yang masih harus dilaksanakan.

Sekalipun mereka merupakan tokoh terbaik NU, tetapi Nahdlatul Ulama secara organisasi bersikap netral karena NU sejak tahun 1984 telah menegaskan kembali ke khittah 1926 sebagai organisasi sosial keagamaan. Klaim institusi bahwa NU atau badan otonom di bawahnya untuk menyatakan dukungan kepada salah satu calon tidak diperkenankan. 

Dengan pengalaman beberapa kali penyelenggaraan pemilihan gubernur, warga NU di Jatim sudah cukup matang bagaimana mensikapi hajatan politik ini. Selama proses kampanye dan menjelang pencoblosan, semuanya berjalan relatif tenang. Perbedaan pilihan yang terjadi dalam lingkup keluarga pun kini lebih dihargai. Bisa saja sang suami memilih Saifullah Yusuf sedangkan sang istri lebih mengidolakan Khofifah Indar Parawansa. Diskusi tentang pasangan cagub-cawagub dari program yang ditawarkan bisa dilakukan dengan intens, tetapi keputusan akhirnya tergantung pada hak masing-masing individu.

Ada suatu masa dalam pemilu di Indonesia yang mana perbedaan pilihan menimbulkan pertengkaran dalam keluarga, bahkan sampai menimbulkan perceraian antara suami istri. Seiring dengan kedewasaan dan kematangan dalam berpolitik hal tersebut sudah tidak terjadi lagi. Jangan sampai perbedaan pilihan menimbulkan perpecahan, sementara para kandidat yang bersaing bahkan sudah saling legowo atas hasil yang ditetapkan. 

Debat kandidat juga diselenggarakan dengan baik sehingga masyarakat sudah mengetahui visi dan misi masing-masing kandidat jika mereka memimpin Jawa Timur selama periode lima tahun ke depan. Tapi memilih pemimpin juga ada unsur emosional dan aspek-aspek kedekatan lain yang menjadi perhatian para pemilih. Berbagai survei yang diselenggarakan oleh pihak independen menunjukkan adanya persaingan ketat. Beragam strategi akan dilakukan untuk bisa memenangkan kompetisi ini.

Kandidat yang terpilih memiliki tugas berat untuk melaksanakan janji-janji kampanyenya.  Semasa kampanye, berbagai permintaan dari beragam komunitas diiyakan oleh kandidat demi meraih suara. Menjanjikan sesuatu merupakan hal yang gampang sedangkan untuk melaksanakannya merupakan persoalan berat. 

Di Jawa Timur, sebanyak 4.4 juta orang masih hidup di bawah garis kemiskinan  dari 38 juta jiwa. Kesehatan dan pendidikan juga persoalan yang harus mendapat perhatian serius. Masalah-masalah ini sebenarnya merupakan persoalan umum yang terjadi di Indonesia. Siapapun pemimpinnya, akan menghadapi persoalan sama. 

Berbagai indeks yang dirilis lembaga internasional seperti Indek Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan, Indonesia masih dalam posisi tengah-tengah. Tidak buruk-buruk amat, tetapi juga tidak dalam kondisi terbaik. Upaya perbaikan yang dilakukan di masing-masing provinsi akan membantu memperbaiki kondisi yang ada. Jika kualitas penduduk Jawa Timur meningkat, otomatis kualitas warga NU juga meningkat. Dan kualitas pengelolaan organisasi NU juga semakin baik. Semuanya akan berkorelasi secara positif dalam ruang lingkup yang lebih besar. 

Di tempat lainnya yang mana warga NU memilih pemimpinnya, prinsip yang sama berlaku, bahwa kita harus mencari pemimpin terbaik, yaitu yang memiliki akhlak terbaik dan mampu mengelola pemerintahan dengan baik. Ini merupakan dua sisi mata uang tak tak dapat dipisahkan.  Tidak karena politik uang yang memberikan kesenangan sesaat, tetapi sebenarnya menghancurkan demokrasi. Selamat memilih, semoga menghasilkan pemimpin terbaik.  (Achmad Mukafi Niam)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG