Fatayat NU Jabar Belajar Wirausaha dan Kelola Keuangan

Fatayat NU Jabar Belajar Wirausaha dan Kelola Keuangan
Bandung, NU Online
Sebagai langkah pemberdayaan perempuan khususnya bagi para kader Fatayat NU se-Jawa Barat (Jabar), Pengurus Wilayah (PW) Fatayat menyelenggarakan pelatihan wirausaha dan pengelolaan keuangan khusus bagi para kader di wilayahnya, Sabtu (28/7).

Kegiatan yang dirangkai dengan halal bihalal halal itu disambut antusias oleh para peserta yang hadir. Terbukti, hampir seluruh PC mengirimkan delegasinya. 

"Dengan pelatihan ini semoga bisa ditularkan di daerah masing-masing, jadi ada manfaat dari kegiatan kali ini," harap Ketua PW Fatayat NU Jabar, Hajah Yayah Fijriyah saat memaparkan tujuan acara.

Hj Yayah menambahkan, untuk kegiatan pemberdayaan perempuan melalui wirausaha, mereka diajari bagaimana memanfaatkan barang-barang bekas untuk berkreasi. Setelah mahir, giliran mereka memprogramkan kegiatan yang sama di daerah masing-masing. "Ini akan jadi tambah menarik ketika tiap-tiap PC saling berlomba menyelenggarakan tindak lanjut dari pelatihan ini," imbuhnya.

Dalam pelaksanaan pelatihan para peserta dibagi dalam dua ruangan yang berbeda. Peserta pertama diberi training terkait pengelolaan keuangan. Hal ini penting bagi perempuan sebagai bendahara rumah tangga. 

"Apalagi, jika perempuan itu selain punya gaji juga merangkap berwirausaha, perempuan harus pintar mengelola keuangan sehingga tidak berantakan dan campur antara uang pribadi dan uang usaha," papar salah satu narasumber dari perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. 

Akhirnya, jika sudah memiliki keahlian dalam berwirausaha, maka dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang rinci pastinya para perempuan bisa berdaya di tengah persaingan ekonomi di era saat ini. (Nidhomatum MR/Kendi Setiawan)
BNI Mobile