IMG-LOGO
Pemberdayaan

Mahasiswa Unwaha Gelar Workshop Kewirausahaan


Ahad 29 Juli 2018 22:30 WIB
Bagikan:
Mahasiswa Unwaha Gelar Workshop Kewirausahaan
Jombang, NU Online
Mahasiswa-mahasiswi Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang, Jawa Timur punya cara kreatif mengisi Kuliah Kerja Nyata (KKN). Para mahasiswa ini membuat seminar dan workshop kewirausahaan untuk anggota PKK dan Karang Taruna Desa Mundusewu, Kecamatan Bareng. Acara berlangsung Ahad (29/7) di Balai Desa Mundusewu dengan pematerinya yang didatangkan adalah para pengusaha.

"Kegiatan ini bagian dari program KKN kita untuk mengembangkan potensi masyarakat berdaya jual. Dengan harapan kegiatan ini memberikan reprensi baru bagi masyarakat untuk membuka usaha baru," jelas panitia acara Jzian Bayzouroh.

Jzian menambahkan dalam program KKN ini ada empat pokok kegiatan peduli masyarakat. Pertama seminar kewirausahaan, kedua penyuluhan kanker serviks, dilanjutkan ketiga bersih-bersih masjid, dan keempat game fun. Setiap minggu akan dilakukan satu program dengan jumlah peserta lebih 50 orang.

"Program pertama kita buat seminar kewirausahaan dan yang lainnya dilanjutkan minggu-minggu selanjutnya. Pertama ini kita mengambil cara membuat produk rice snack. Rice snack kita pilih karena bahan bakunya mudah didapat didesa ini. Mayoritas masyarakat bercocok tanam padi. Jadi tidak menyulitkan masyarakat dan rasanya juga enak. Kita datangkan pakarnya langsung untuk mengajari cara membuatnya," beber Jzian.




Ia mengatakan ide pembuatan pelatihan wirausaha ini berangkat dari realita masyarakat Desa Mundusewu yang kebanyakan menjadi buruh tani. Hasil dari buruh tani terkadang tidak lah cukup menghidupi keluarga. Sehingga bagi anak muda mereka terpaksa merantau meninggalkan keluarga untuk mendapatkan penghasilan baru.

"Pemberdayaan ekonomi ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi dimana salah satunya berbunyi pengabdian masyarakat. Masyarakat cukup antusias mengikuti cara pembuatan rice snack. Bahkan ada juga yang mau coba buat di rumah. Ibu-ibu tadi juga minta dibuatkan acara yang sama tapi produk yang dibuat harus baru," pungkas Jzian. (Syarif Abdurahman/Kendi Setiawan)
Bagikan:
IMG
IMG