IMG-LOGO
Daerah

Pelajar dan Mahasiswa Lampung Galang Bantuan Korban Gempa Lombok

Rabu 8 Agustus 2018 4:30 WIB
Bagikan:
Pelajar dan Mahasiswa Lampung Galang Bantuan Korban Gempa Lombok
Bandar Lampung, NU Online
Terkait musibah yang terjadi akibat gempa di Lombok beberapa hari yang lalu, Pengurus Cabang PMII Bandar Lampung melakukan penggalangan donasi di beberapa titik di Bandar Lampung. Aksi ini dimulai Senin (7/8).

Layla Nurlatifah, ketua Pelaksana Gelang Dana menjelaskan kegiatan ini sesuai dengan instruksi dari PB PMII untuk seluruh kader PMII se-Nusantara agar bersama membantu korban gempa di Lombok.

"Semoga kegiatan ini lancar, dan terus bersama mengumpulkan dana untuk sahabat kita di Lombok yang belum lama ini terkena musibah," ungkap Layla, yang juga kepala biro Advokasi dan Hukum PC PMII Bandar Lampung

Senada, Ketua Kopri PC PMII Bandar Lampung, Lisdawana mengatakan menargetkan 10 juta rupiah dari PC Kopri Bandar Lampung. Target ini diharapkan diraih secepatnya.

"Harus sepuluh juta, kita harus bersama membantu keluarga kita di Lombok," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMII Cabang Bandar Lampung, Erzal Syahreza Aswir menginstruksikan seluruh rayon dan komisariat se-Bandar Lampung segara merapatkan barisan untuk penggalangan dana tersebut. 

"Semua segera turun. Bersama kita kumpulkan dana untuk atasi musibah di Lombok," tutupnya.

Pelajar MTs Mathla’ul Anwar Turut Galang Bantuan

Aksi  kepedulian juga dilakukan oleh IPNU IPPNU MTs  Mathla’ul Anwar Landbaw, Gisting, Tanggamus, Lampung. Penggalangan dilakukan di lingkungan sekolah.



"Alhamdulillah uang terkumpul Rp850.000. Meskipun tidak banyak, semoga bisa bermanfaat," ungkap Fikri, ketua komisariat IPNU MTs Mathlaul Anwar. 

Aksi ini didukung oleh Pembina IPNU IPPNU MTs Mathla'ul Anwar, Abdur Rouf Hanif. “Perjuangan anak-anak untuk berdonasi di Lombok senada dengan prinsip ajaran Aswaja Annahdliyah yakni hablu minannas, serta bukti solidaritas ukhuwah wathoniyah," jelas Abdur Rouf.

Secara nasional, NU melalui NU Peduli melakukan penanganan pascagempa Lombok. NU Peduli dengan pelaporan bantuan berupa dana dan barang lainnya melalui NU Care-LAZISNU. Di lapangan penanganan bantuan dilakukan semua komponen NU sesuai kapasitas dan keahlian Banom dan lembaga terkait. (Riski Firmanto/Putri Ratna Palupi/Kendi Setiawan)

Bagikan:
Rabu 8 Agustus 2018 23:30 WIB
Galang Dana untuk Lombok Adalah Wujud Nilai Dasar Pergerakan
Galang Dana untuk Lombok Adalah Wujud Nilai Dasar Pergerakan
Sampang, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pengurus Komisariat (PK) Al-Gharism Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP .Widya Darma, Sampang, Jawa Timur melakukan pengalangan dana bagi korban bencana di Lombok. 

“Rasa kemanusiaan perlu ditanamkan dan sigap dengan apa yang telah menimpa saudara di Lombok,” kata Ummu Kulsum, Rabu (8/8). Hal ini merupakan aktualisasi dari Nilai Dasar Pergerakan atau NDP dari PMII, lanjutnya.

Perempuan yang juga sebagai koordinator lapangan pengalangan dana tersebut menyampaikan rasa bangga karena para kader antusias pada kegiatan ini. “Karena sejatinya, dalam NDP PMII disebutkan kader harus mempunyai nilai hablun minannas,” ungkapnya. Dirinya juga berharap agar kegiatan tersebut bisa membantu penderitaan masyarakat Lombok. 

Romli selaku Ketua PK PMII Alghorizm IKIP Widya Darma mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh kader. “Sebab, ini merupakan bagian dari nilai kemanusia dan kepedulian kepada saudara kita di Lombok,” ungkapnya. 

Terakhir, dirinya berharap kegiatan serupa dapat diselenggarakan pada kesempatan berbeda. “Semoga pengabdian kita menjadi nilai perjuangan kemanusian dan terus istikamah,"pungkasnya. (Mahrus/Ibnu Nawawi)
Rabu 8 Agustus 2018 23:0 WIB
Bupati Jombang: Muhammadiyah Jangan Khawatir sebab Bupatinya NU
Bupati Jombang: Muhammadiyah Jangan Khawatir sebab Bupatinya NU
Plt Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab
Jombang, NU Online
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Jombang, Jawa Timur Hj Mundjidah Wahab menegaskan, dirinya akan melayani warga Jombang secara keseluruhan dan tidak pandang bulu. Tidak berarti dirinya sebagai kader NU kemudian mengeyampingkan warga yang bukan NU termasuk warga Muhammadiyah.

Perihal ini ia sampaikan menyusul adanya persepsi yang miring terkait terpilihnya dia menjadi bupati Jombang. Salah seorang warga Muhammadiyah merasa akan terpinggirkan. Persepsi yang demikian ini kemudian diluruskan di hadapan ribuan warga Muhammadiyah saat mendapat undangan dari mereka.

"Saya sampaikan di sana bahwa warga Muhammadiyah tidak usaha khawatir sebab bupatinya Jombang adalah orang NU. Kami pimpinan daerah harus ngayomi semua masyarakat Jombang termasuk NU juga warga Muhammadiyah," jelasnya dalam pekan ini.

Perempuan yang juga Ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Jombang ini tak heran warga Muhammadiyah memiliki persepsi tersebut, lantaran selama ia menjabat wakil bupati Jombang sebelumnya bisa dikatakan hampir tidak pernah warga Muhammadiyah mengajukan proposal kepada pemerintah daerah (Pemda).

"Muhammadiyah yang selama ini merasa terpinggirkan tidak pernah satu pun ngasih proposal ke pemerintah daerah," ungkapnya.

Bu Mun (sapaan akrabnya) juga menyuruh warga Muhammadiyah beraudiensi ke Pemda untuk menyampaikan pandangannya seputar pemerintahan dan sebagainya. Tak terkecuali persepsi yang tidak benar itu juga disampaikan. "Maka saya ajak audiensi ke Pemda dan Alhamdulillah mereka datang lengkap," tutur putri almaghfurlah KH Wahab Hasbullah (Mbah Wahab) ini.

Kepada warga Muhammadiyah Bu Mun menyampaikan agar mereka juga harus sering melakukan kegiatan-kegiatan. "Monggo warga Muhammadiyah buat kegiatan kegiatan dan Pemda Insyaallah juga akan bantu," ujarnya. (Syamsul Arifin/Muiz)
Rabu 8 Agustus 2018 22:30 WIB
Al-Ittihad Ponorogo Salurkan Bantuan Gempa Lombok Lewat LAZISNU
Al-Ittihad Ponorogo Salurkan Bantuan Gempa Lombok Lewat LAZISNU
Ponorogo, NU Online
Bencana gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengundang rasa kepedulian MTs Ma’arif 1 dan MA Ma’arif Nahdlatul Ummah Ponorogo. Sekolah yang berada di bawah Yayasan Al-Ittihad ini menggelar shalat gaib, tahlil bersama dan koin kepedulian. Kegiatan digelar di serambi Masjid Al-Jariyah, Jarakan, Ponorogo, Jawa Timur.

Menurut Murdianto, selaku dewan penasihat Al-Ittihad, kegiatan bertujuan sebagai bentuk duka cita untuk masyarakat Lombok yang sedang mengalami musibah. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendoakan seluruh korban yang saat ini tengah mengalami kesulitan,” katanya, Rabu (8/8). 

“Semoga para korban yang meninggal mendapat tempat terbaik di sisi-Nya,” katanya yang diamini hadirin. 

Murdianto juga mendoakan agar jenazah yang belum ditemukan cepat dievakuasi. “Demikian pula yang luka-luka cepat disembuhkan, dan yang mengungsi cepat mendapat tempat tinggal yang lebih layak,” katanya. Dirinya juga berharap para relawan yang dikirim ke sana mendapat kemudahan dalam membantu para korban, lanjutnya.

Kegiatan diprakarsai Yayasan Al-Ittihad dan diikuti ratusan siswa MTs. Ma’arif 1 Ponorogo dan puluhan siswa MA Ma’arif Nahdlatul Ummah. Shalat gaib diikuti seluruh peserta didik beserta guru yang diimami Ustadz Saiful Bahri.

Shalat gaib yang dilaksanakan usai shalat Dhuhur tersebut bertujuan mendoakan para korban gempa yang meninggal. Usai shalat dilanjut tahlil. Dan sebagai bentuk kepedulian, para siswa memberikan bantuan terbaiknya melalui kotak koin peduli Lombok. Hasilnya disalurkan lewat NU Care LAZISNU setempat. (Anifatur Rosidah/Ibnu Nawawi)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG