Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Toleransi dan Ekonomi Harus Jadi Perhatian ISNU Pekanbaru

Toleransi dan Ekonomi Harus Jadi Perhatian ISNU Pekanbaru
Wk Ketua PW ISNU Riau, M Darda
Wk Ketua PW ISNU Riau, M Darda
Pekanbaru, NU Online
Kota Pekanbaru dikenal sebagai kota yang toleran. Masyarakatnya yang multiras dan plural hidup rukun dan damai. Adalah hal aneh saat terjadi praktik intoleransi seperti penyerangan terhadap Polda Riau pada beberapa bulan lalu.

Hal itu yang harus menjadi perhatian serius Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Pekanbaru yang baru akan dilantik hari ini, Sabtu (18/8). 

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah ISNU Riau M Darda Prahara kepada NU Online pada Jumat (17/8) kemarin.
"ISNU Pekanbaru harus siap terjun ke masyarakat melalui dakwah atau bentuk penginformasian lainnya," ujarnya.

Pasalnya, Darda mengungkapkan bahwa banyak pelaku pengeboman berasal dari pedesaan. "Aktor pengeboman bukan dari kota, tapi dari desa-desa," terang pria kelahiran 42 tahun yang lalu itu.

Selain itu, sektor ekonomi juga harus dikembangkan oleh ISNU. Hal ini, menurut Darda, sangat penting guna meningkatkan pendapatan anggota dan masyarakat, secara umumnya.

Banyak sektor yang bisa digarap untuk hal tersebut, seperti koperasi dan pertanian atau perkebunan. "ISNU Riau mesti segera dibentuk koperasi mengingat manfaatnya yang baik bagi anggota," tegasnya.

Sementara itu, sektor pertanian juga harus dimanfaatkan mengingat di antara anggota atau pengurus, ia memastikan ada yang memiliki lahan. "Kenapa kita tidak manfaatkan untuk usaha," katanya.

Lebih lanjut, Darda juga berharap agar ISNU Pekanbaru juga dapat membantu persoalan hukum yang menyandung warga NU, seperti penyerobotan lahan oleh perusahaan atau individu lain. (Syakir NF/Muiz)

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya