IMG-LOGO
Daerah

Jamaah Istighotsah Mimika Perkenalkan Lagu Perjuangan NU


Selasa 21 Agustus 2018 09:00 WIB
Bagikan:
Jamaah Istighotsah Mimika Perkenalkan Lagu Perjuangan NU
Mimika, NU Online
Kebahagiaan dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI tidak hanya diekspresikan secara fisik semata. Banyak cara yang digunakan untuk mengekspresikan dan menanamkan rasa cinta Tanah Air sebagaimana yang dilakukan oleh Jama'ah Istighatsah an-Nahdliyyah Mimika. Mereka memperkenalkan dua lagu perjuangan karya ulama NU kepada jamaah umum dan anak sekolah.

Pada Ahad, 19 Agustus  siang hari di Mushala SMA Negeri 1 Mimika digelar pembukaan Istighotsah sekaligus peringatan HUT RI ke-73. Ini merupakan sekolah pertama yang mengadakan Istighatsah bersama Jamaah Istighatsah an-Nahdliyyah Mimika.

Ustadz Ghozali selaku pembina dan guru Agama Islam di SMA Negeri 1 Mimika menerapkan kedisiplinan yang ketat dalam mengikuti kegiatan ini. "Terlambat 15 menit pintu musholla dikunci dan yang di luar musholla tidak dianggap masuk. Ini melatih kalian disiplin. Semua berangkat dari disiplin sebagai kunci kesuksesan," ujarnya.

Wakil Ketua PCNU Mimika, Sugiarso mengajak pemuda untuk berusaha keras secara lahir dan batin. "Belajar keras untuk masuk perguruan tinggi  favorit termasuk usaha lahir dan doa Istighatsah  seperti ini usaha batin. Jika sukses tidak lupa Allah, jika gagal akan bersabar, " terangnya

Di kesempatan ini dibacakan Al-Fatihah dan doa untuk pahlawan dan diperkenalkan lagu perjuangan karya ulama NU KH Asnawi, Shalawat Asnawiyah sebagai ulama dan pejuang kemerdekaan. Dalam ceramahnya ust. Hasyim mengajak pemuda untuk mengisi kemerdekaan dengan iman dan takwa dan menjadi manusia yang bermanfaat

Pada malam Sabtu, 17 Agustus dan malam Senin, 19 Agustus di Masjid Baiturrahman SP4 dan Masjid An-Nur Soponyono SP4 bakda Isya diadakan Tahlil dan Istighatsah Kemerdekaan untuk umum. Rombongan jama'ah Istighatsah dari Kampung Kadun  Jaya bersama Ketua Takmir, Jumar, Budiono, Mansyur dan dari Mwuare bersama imam masjid Hasan, Nasir, Sutrisno serta Serui Mekar dipimpin sesepuh Iswahab dan Solihin  ikut meramaikan acara ini. 

Ya Lal Wathon karya KH Wahab Hasbullah, Pahlawan Nasional, didendangkan oleh ibu ibu jamaah Masjid An-Nur dengan pakaian kemerdekaan, jilbab merah dan bawahan putih dan dilanjutkan Sholawat Asnawiyah karya KH Asnawi bersama Waket PCNU Mimika.

Wakil Ketua PCNU Mimika mengajak jama'ah untuk meneladani para pahlawan. "Mereka itu rela berkurban harta bahkan nyawa untuk bangsa negara dan agama. Lalu kita sudah berbuat apa untuk lingkungan kita masyarakat kita, agama kita? Janganlah memikirkan diri sendiri saja. Mari berbuat manfaat untuk orang banyak seperti para pahlawan yang tidak pernah egois," urainya. Tahlil dipimpin oleh Ust Wawan dari Kadun Jaya, doa oleh ust Solihin dari Serui mekar dan Ust Saean dari SP4. Acara ditutup dengan makan bersama merajut kebersamaan. (Red: Abdullah Alawi)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG