IMG-LOGO
Daerah

Khatmil Qur’an Warga Pendidikan Pringsewu untuk Kemerdekaan


Selasa 21 Agustus 2018 13:00 WIB
Bagikan:
Khatmil Qur’an Warga Pendidikan Pringsewu untuk Kemerdekaan
Khatmil Qur'an Dinas Pendidikan Pringsewu
Pringsewu, NU Online
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu bersama seluruh warga pendidikannya, sukses menggelar Khatmil Qur’an yang dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun RI Ke 73 tahun 2018.

Khatmil Qur’an ini diawali di Masjid Darussalam Komplek Perkantoran Pemda Pringsewu, Ahad (19/8) yang diikuti Kepala Dinas dan para pengawas Pendidikan Agam Islam (PAI). Khatmil Qur’an ini dilakukan dengan cara membaca secara bergantian oleh seluruh peserta yang hadir.

“Khatmil Qur’an ini sebagai tanda syukur kita atas karunia yang diberikan Allah kepada bangsa Indonesia berupa kemerdekaan. Bagi peserta didik yang non muslim diharapkan bersyukur sesuai keyakinan dan kaifiyah (cara) dalam agamanya masing-masing,” kata Heri Iswahyudi, Kadis Pendidikan Kabupaten Pringsewu, Senin (20/8).

Heri menambahkan, Khotmil Qur’an sesi kedua dilaksanakan pada Senin (20/8) yang diikuti oleh 12 kelompok Khatmil Qur’an yang terdiri dari utusan dari UPT Dikbud dari 9 kecamatan yang ada di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini.

“Satu rombongan dari Disdikbud, satu rombongan dari MKKS SMP, dan satu rombongan dari unsur pengawas SD, pengawas SMP dan Pengawas PAI. Masing-masing rombongan beranggotakan 30 orang, masing-masing membaca satu juz,”

Sementara untuk Khatmil Qur’an sesi ketiga dilaksanakan pada Selasa (21/8) yang diselenggarakan di masing-masing sekolah dan diikuti oleh kepala sekolah, guru, dan peserta didik yang beragama Islam.

“Khatmil Qur’an di setiap sekolah dilaksanakan dengan cara dibagi tiap orang membaca beberapa halaman sehingga dalam satu SD minimal satu kali khatam. Di jenjang SMP kita harapkan beberapa kali khatam atau beberapa kelompok khataman,” terang Heri.

Pada saat melaksanakan Khatmil Qur’an, peserta juga diimbau untuk melaksakan puasa sunah Tarwiyah dan Arafah pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah. Hal ini ditujukan untuk menanamkan kegemaran melaksanakan ibadah sunah seperti baca Al-Qur’an dan melaksanakan puasa sunah. (Muhammad Faizin)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG