IMG-LOGO
Nasional

Kunjungi Pesantren Tebuireng, Kiai Ma'ruf Nostalgia Saat Mondok


Senin 3 September 2018 19:45 WIB
Bagikan:
Kunjungi Pesantren Tebuireng, Kiai Ma'ruf Nostalgia Saat Mondok
KH Ma'ruf Amin bersama rombongan di makam Pesantren Tebuireng.
Jombang, NU Online
Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma'ruf Amin melakukan silaturahim ke sejumlah pesantren di Jawa Timur termasuk Tebuireng, Jombang, Senin (3/9) siang. Kiai Ma'ruf datang dengan didampingi sejumlah tokoh.

Rombongan tiba sekitar pukul 13.00 WIB dan langsung menuju ruang tamu untuk mengadakan pertemuan tertutup. Sekitar 60 menit kemudian rombongan keluar dan ziarah makam keluarga Tebuireng.

Dalam kunjungan tersebut Kiai Ma'ruf disambut Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) beserta beberapa pengurus pesantren setempat. Bahkan sempat menikmati makan siang di dalem kesepuhan. Selanjutnya rombongan bergerak menuju makam pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Menurut Kiai Ma'ruf, kunjungannya ke Tebuireng untuk nostalgia dengan pesantren yang pernah mendidiknya ilmu agama. Bahkan dirinya sempat bercerita tentang keadaannya waktu di pesantren dulu dan tempat tinggalnya.

"Itu dulu kamar saya," kata Kiai Ma'ruf saat perjalanan menuju makam keluarga Tebuireng sambil menunjuk salah satu kamar. 

"Selain di sini (Pesantren Tebuireng, red) saya juga pernah di Seblak (sekitar 1 km dari Tebuireng), saya dulu disuruh ngasuh (merawat) keponakan," ujarnya.

Setelah bersilaturahim ke Pesantren Tebuireng, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas..

Di Tambakberas, Kiai Ma'ruf diterima oleh putra KH A Wahab Hasbullah yang bernama KH Hasib Wahab dan Hj Mundjidah Wahab. Nama terakhir merupakan Bupati Jombang terpilih periode 2018-2023. Ikut menyambut serta ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum KH Wafiyul Ahdi.

Kunjungan ini merupakan rangkaian safari Kiai Ma'ruf ke pesantren di Jawa Timur. Safari ini dimulai dari Pondok Pesantren Lirboyo, Alfalah Kediri lalu ke Jombang yakni Tebuireng, Tambakberas, Denanyar, Rejoso. Juga ke Driyorejo Gresik, Sunan Drajat Lamongan dan bertemu pengurus NU se-Jawa Timur. (Syarif Abdurrahman/Ibnu Nawawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG