IMG-LOGO
Daerah

NU Kota Tasikmalaya Bertekad Jadi Perekat Seluruh Elemen


Selasa 4 September 2018 19:30 WIB
Bagikan:
NU Kota Tasikmalaya Bertekad Jadi Perekat Seluruh Elemen
Ketua PCNU Kota Tasikmalaya, KH Ate Musodiq.
Tasikmalaya, NU Online
KH Ate Musodiq sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat sependapat dengan wali kota setempat. Yakni bersama untuk lebih meningkatan ekonomi warga.

"Ya betul sekali karena diakui atau tidak, bahwa NU suka bicara kematian saja, tapi lupa kepada kehidupan,” kata Kiai Ate, Selasa (4/9). 

Karenanya yang tengah dipikirkan bagaimana membangun ekonomi. “Seperti setiap kecamatan harus punya minimarket NU agar nahdliyin belanja ke sana,” ungkapnya. Karena dengan melakukan pemberdayaan ekonomi, maka angka kebodohan dan kemiskinan dapat dikurangi. Apalagi kalangan tersebut mayoritas warga NU, lanjutnya.

Untuk itu, dalam kepengurusannya nanti akan melakukan sinergi dengan pemerintah kota. “Ini suatu keharusan karena inti dari pemerintahan bagaimana menyejahterakan rakyat,” ungkapnya.

Dirinya berharap keberadaan NU menjadi peneduh agar terus bermanfaat bagi warga khususnya Kota Tasikmalaya dengan menggandeng pemerintahan setempat.

Kiai Ate pun mengungkapkan program kerja mendesak usai terpilih bagaimana menata kembali keorganisasian sampai akar rumput. “Kepengurusan 69 ranting yang ada harus diaktifkan kembali bahkan sampai anak ranting,” tegasnya. Hal tersebut sebagai konsekuensi keberadaan struktural NU, lanjutnya.

Dirinya kemudian memberikan tamsil bila akan diselenggarakan kegiatan, maka akan didukung kepengurusan di bawahnya. "Misal kalau pengajian NU nanti di masjid agung, kita targetkan minimal sepuluh ribu warga NU hadir. Ini sebagai butki bahwa NU besar secara massa," ujarnya.

Selanjutnya, kata Kiai Ate, NU punya lembaga pendidikan. “Bagaimana meningkat mutu dari sekolah tinggi hingga memiliki universitas NU,” ungkapnya. 

Hal yang sama juga berlaku dalam bidang kesehatan. "Harusnya kita punya rumah sakit NU seperti di kota dan kabupaten lain," ucapnya.

Perihal agenda politik Pemilu, NU tetap mengikuti fatsun PBNU yakni memosisikan tetap netral. “Dengan demikian NU menjadi payung bagi seluruh kepentingan politik,” jelasnya.

Hal tersebut juga berlaku kepada kader NU yang menjadi calon anggota legislatif maupun yang telah memiliki jabatan di legislatif maupun eksekutif. “NU akan tetap jadi peneduh semua," katanya.

Pelantikan PCNU Kota Tasikmalaya akan digelar dalam dua atau tiga pekan mendatang. 

Kiai Ate menyampaikan bahwa pelantikan akan dihadiri Gubernur Jawa Barat, H Ridwan Kamil, sekaligus meresmikan keberadaan mini market NU di jalan dr Soekardjo 47 Kota Tasikmalaya. (Nurjani/Ibnu Nawawi)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG