IMG-LOGO
Nasional

Ansor Pematangsiantar Sumut Sambut Kirab Satu Negeri


Senin 17 September 2018 17:00 WIB
Bagikan:
Ansor Pematangsiantar Sumut Sambut Kirab Satu Negeri

Pematangsiantar, NU Online

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Pematangsiantar Sumatera Utara (Sumut) mendukung Kirab Satu Negeri. Kegiatan yang digagas Pimpinan Pusat GP Ansor tersebut mengusung spirit bahwa bahwa kita adalah sama. 


Arjuna selaku Ketua Pimpinan Cabang Ansor Kota Pematangsiantar menjelaskan kirab bendera Merah Putih mengelilingi seluruh wilayah Indonesia. “Dimulai dari lima titik pulau terluar Indonesia. Kelima titik pemberangkatan kirab adalah Sabang, Nunukan, Pulau Miangas, Pulau Rote, dan Merauke,” katanya, Senin (17/9).


Seperti diketahui secara serentak, Ahad (16/9) pagi, peserta kirab sebanyak 1.945 orang dilepas dari lima titik tersebut kemudian berjalan menuju seluruh provinsi di Indonesia.


Wakil Kepala Satkornas Banser Hasan Basri Sagala menyampaikan, kirab ini bertujuan untuk mengokohkan konsensus nasional bangsa Indonesia (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945).


"Kirab ini juga menguatkan fungsi agama sebagai rahmah dan sumber perdamaian, serta menjadikan Indonesia sebagai inspirasi bagi dunia dalam hal kehidupan yang majemuk dan damai," jelasnya.


Melalui kirab ini, Ansor Pematangsiantar mengajak masyarakat untuk semakin memahami dan menghargai kemajemukan dan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. “Berbagai keragaman seperti suku, adat, agama, dan bahasa adalah kekayaan yang sangat berharga nilainya,” ungkapnya.


“Ansor Pematangsiantar menyambut positif dengan adanya kirab satu negeri, ini sebagai wahana menumbuhkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, bangsa dan negara serta menangkal gerakan radikalisme,” jelasnya.


Kegiatan bertajuk Kirab Satu Negeri ini menempuh waktu selama enam pekan. Dan akan berakhir di Kota Yogyakarta, 26 Oktober. Pada puncak perayaan rencananya akan digelar apel Kebangsaan yang melibatkan sekitar 100.000 anggota Banser dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. (Erwin/Ibnu Nawawi)


Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG