Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Integritas Siswa Jadi Fokus Pergunu

Integritas Siswa Jadi Fokus Pergunu
Siswa IKHAC (ikhac.ac.id)
Siswa IKHAC (ikhac.ac.id)
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), KH Asep Saifuddin Chalim menilai integritas siswa akan menjadi fokus di sekolah-sekolah dalam bimbingan guru-guru yang tergabung dalam Pergunu.

“Pergunu mengupayakan sekolah yang berkualitas, berakhlakul karimah, selain unggul secara akademis,” ujar Kiai Asep usai mengikuti Rapat Pleno PBNU, Sabtu (22/9) sore.

Kiai Asep meyebutkan siswa-siswa di sekolah asuhannya yakni Institut KH Abdul Chalim  (IKHAC), Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, memiliki kemampuan agama dan umum yang tidak sekadarnya.

“Tidak kurang dari seratus orang meneruskan pendidikan ke luar negeri. Tahun ini yang ke Timur Tengah 45 siswa. Lalu ada juga ke negara-negara maju di Eropa dan Finlandia,” paparnya.

Atas prestasi-prestasi tersebut IKHAC, pada tahun 2017 mendapatkan penghargaan sebagai sekolah favorit. Juga pada tahun 2018 ini meraih penghargaan sebagai sekolah dengan sistem pegajaran terbaik.

“Untuk membangun integritas, pengajaran tidak hanya di sekolah tapi semuanya,” katanya.

Dengan sistem pengajaran yang diterapkan, integritas akan meningkat dan ketika sekolah dengan lulusan yang berakhlak dan berkompetensi, akan menghasilkan generasi yang maju. 

Kiai Asep mengatakan, kualitas dan integritas tersebut juga ditularkan kepada sekolah lainnya.

Terkait dengan pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan digelar tahun depan, Kiai Asep menilai Pilpres dari sisi pendidikan harus dilihat secara luas sebagai upaya untuk mencipttakan Indonesia yang adil dan makmur. (Kendi Setiawan)

BNI Mobile