Penuhi Kebutuhan Warga, Ansor Jepara Produksi 'Beras Super Uenak'

Penuhi Kebutuhan Warga, Ansor Jepara Produksi 'Beras Super Uenak'
Beras Ansor Jepara
Beras Ansor Jepara
Jepara, NU Online
Memenuhi kebutuhan warga sekaligus membangun kemandiri ekonomi kader, Pimpinan Ranting (PR) Ansor Desa Bugel Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara memproduksi beras dengan brand 'Beras Super Uenak'.

Beras yang menggunakan jenis 'Mekongga' tanpa dioplos, tanpa pemutih, tanpa pengawet, dan tanpa pewangi. Produk yang dikemas 2.5 kg dan 5 kg ini menurut Imron (50) salah seorang warga yang telah mencobanya, karena selain rasanya enak, tanpa pengawet, harga terjangkau serta nasinya pulen. Jika disimpan di dalam rice cocker dalam 2 hari masih enak dan warna masih putih. 

"Sebagai produk kemasan, beras ini harganya terjangkau. Untuk ukuran 2.5 kg harganya Rp27.000 dan ukuran 5 kg seharga Rp53.500," ujarnya. 

Ketua Bidang Ekonomi GP Ansor Ranting Bugel Kedung Jepara M Syukron Makmun mengatakan, selain membidik masyarakat desa di sekitar Kecamatan Kedung dan Jepara, juga merambah ke luar daerah misalnya Semarang, Magelang, dan Yogyakarta. 

"Sejak dikenalkan pada 4 Agustus 2018 lalu bersamaan dengan Launching Usaha Ansor Mandiri di Gedung MWCNU Kedung Jepara, beras produksi Ansor ini sudah merambah kepada masyarakat umum," ujar Syukron. 

Dia menjelaskan, selain dipasarkan ke luar daerah, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada PCNU juga saat kegiatan halal bi halal PCNU dan PD Muhammadiyah Jepara yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Jepara beberapa waktu yang lalu.
 

Gagasan bidang ekonomi itu muncul dari acara 'Ngolah Pikir' (Ngopi) bersama anak muda NU yang dilaksanakan di Gedung MWCNU Kedung Jepara setiap Ahad Wage yang digagas Kiai Afif. 

"Pada waktu itu diskusi membincang NU dan Ekonomi, hadiri beberapa pengurus Ansor,  Andriyan (Ketua HIPSI dan HIPMI Kedung) dan sejumlah pengusaha muda NU. Dari pertemuan itu kemudian disepakati untuk mendirikan badan usaha independen berupa koperasi konsumen 'Usaha Insan Mandiri' dengan semboyan 'Dari Kita Oleh Kita dan Untuk Kita',” jelasnya kepada NU Online, Kamis (26/9).  

Untuk tahap awal, menurut Syukron yang juga Ketua Koperasi adalah memproduksi beras. Selain memproduksi beras, pihaknya sedang mengembangkan produksi minyak goreng, sabun, dan pasta gigi. (Syaiful Mustaqim/Muiz)
BNI Mobile