Lakpesdam PBNU: Tembakau Timbulkan Mudarat dan Manfaat

Lakpesdam PBNU: Tembakau Timbulkan Mudarat dan Manfaat
Jakarta, NU Online
Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU H Rumadi Ahmad mengatakan produk tembakau merupakan persoalan yang melibatkan banyak pihak. Tembakau tidak hanya dilihat dari sisi kesehatan, tetapi juga terkait ekonomi dan budaya.

"Jadi, kami melihat bahwasanya persoalan ini sangat penting untuk dilihat," ucapnya pada peluncuran buku Fikih Tembakau di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (27/9). 

Menurutnya, tembakau mendatangkan manfaat sekaligus mudarat. Dari sisi ekonomi, tembakau menjadi industri yang banyak menyerap tenaga kerja dan menyumbang pendapatan yang banyak kepada negara.

Ia menambahkan, jumlah penduduk Indonesia yang banyak juga menjadi pasar rokok yang menggiurkan bagi industri rokok, baik industri dalam negeri maupun luar negeri.

"Sekarang ini kita menyaksikan betapa produk tembakau dalam berbagai macam bentuknya itu beredar luas di masyarakat," ucapnya.

Namun di sisi lain, banyak pihak, yakni pemerhati kesehatan yang resah terhadap kesehatan yang dianggap sebagai sumber penyakit. Bahkan Kementrian Kesehatan kampanye dengan berbagai cara untuk membatasi konsumsi rokok. 

Peluncuran buku tersebut diikuti dengan pengumuman pemenang lomba esai Perkembangan Inovasi Industri Tembakau. (Husni Sahal/Abdullah Alawi)

BNI Mobile