Petani Pesantren Kiai Mojo Tembelang Nominator Anugerah Kreanova Jombang

Petani Pesantren Kiai Mojo Tembelang Nominator Anugerah Kreanova Jombang
Santri Kiai Mojo Jombang saat pemaparan kreanova
Santri Kiai Mojo Jombang saat pemaparan kreanova
Jombang, NU Online
Team petani muda buah naga Pesantren Kiai Mojo Tembelang, Jombang, Jawa Timur masuk nominasi Anugerah Kreativitas dan Kreasi (Krenova) Kabupaten Jombang tahun 2018.

Santri Kiai Mojo ini mengusung kreatifitas dengan tema besar Potensi agribisnis buah naga dalam upaya kemandirian ekonomi di Pesantren Kiai Mojo akan bersaing dengan 18 kelompok lainnya dalam menarik hati juri yang diturunkan Pemerintah Kabupaten Jombang.

"Alhamdulilah santri Kiai Mojo masuk nominasi Krenova 2018. Mudah-mudahan menang. Hari ini pesantren kita mendapat kunjungan dari tim juri yang ingin mendengarkan dan melihat langsung karya kita. Sebuah anugerah dan pengalaman yang luar biasa bagi santri," jelas Kordinator Krenova Pesantren Kiai Mojo Muhammad Sabilil Faroshi Attamimi, Selasa (2/10).

Pria yang biasa dipanggil Kang Roshi ini menjelaskan, selama ini ia dan kawan-kawannya menaman buah naga di lahan kosong milik pondok. Tanaman buah naga tersebut sudah berkali-kali panen dan menambah uang saku. Saat ini untuk menaikkan harga jual buah naga, ia dan rekannya mulai melakukan pengelolaan buah naga jadi usaha kreatif.

Beberapa produk olahannya yang sudah dipasarkan yaitu stick buah naga, keripik buah naga, roti dari bahan baku buah naga, dan krispy buah naga. Beberapa produk lain yaitu es cream berbahan baku buah naga, air minum olahan buah naga, dan salad.

"Beberapa produk kita sangat laris di pasaran. Saat ini kita sedang proses pengurusan merk produk kita di Hak Kekayaan Intelektual (Haki). Kita yakin dengan dukungan berbagai pihak, maka santri tak bingung lagi cari pekerjaan setelah  mengaji," beber Kang Roshi. (Syarief Abdurrahman/Muiz)
BNI Mobile