IMG-LOGO
Trending Now:
Nasional

Warga Mamboro Pungut Susu di Reruntuhan Tsunami

Rabu 3 Oktober 2018 21:35 WIB
Warga Mamboro Pungut Susu di Reruntuhan Tsunami
M Wahib bersama warga terdampak tsunami Palu
Jakarta, NU Online
Sebuah rekaman video memperlihatkan betapa dahsyat dampak gempa dan tsunami yang terjadi di  Kota Palu, bangunan-bangunan hancur dan rata dengan tanah, tiang listrik pun roboh.

"Beberapa bangunan luluh lantah. Sekarang warga ada yang masih evakuasi, berbenah, dan ada yang mengais apa yang bisa diambil dari beberapa toko yang juga sudah hancur,” tutur M Wahib Emha dari NU Peduli di awal video tersebut.

Video yang diambil di pantai daerah Mamboro, Kota Palu lalu menunjukkan seorang warga berjalan membawa beberapa bungkus susu bubuk.

“Susu untuk anak,” kata Lukman, pria tersebut dalam video itu.

Lukman juga menuturkan ia mengambil susu yang tersisa di gudang toko yang telah rusak akibat gempa dan tsunami pekan lalu.

Wahib mengatakan apa yang dilakukan Lukman sebagai gambaran betapa masyarakat terdampak gempa Palu sangat membutuhkan logistik.

“Bantuan masih tersendat koordinasi karena listrik masih susah nyala, BBM juga masih antrean panjang,” cerita Wahib.

“Bantuan untuk warga Palu harus di-suport oleh masyarakat selain pemerintah dan donator yang lain,” imbuh Wahib. 

Wahib dan Tim NU Peduli datang ke Palu sejak beberapa hari lalu. Mereka melakukan kajian, menyalurkan bantuan logistik, dan mendirikan tenda pengungsian. Aksi ini sebagai bentuk kepedulian warga NU untuk masyarakat terdampak gempa dan tsunami Sulawesi Tengah. (Kendi Setiawan)

Bagikan:
IMG
IMG