IMG-LOGO
Pemberdayaan

Kementerian Pertanian Saluran Ribuan Ekor Ayam di Jatilawang


Kamis 4 Oktober 2018 22:30 WIB
Bagikan:
Kementerian Pertanian Saluran Ribuan Ekor Ayam di Jatilawang
Penyerahan bibit ayam di Kecamattan Jatilawang, Banyumas
Banyumas, NU Online 
Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Drijen PKH) menyalurkan bantuan ribuan ekor ayam kepada warga masyarakat di Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. 

Bantuan ayam tersebut diberikan kepada warga yang terdaftar dalam ketegori Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kecamatan Jatilawang. Program sudah berlangsung selama seminggu dan direncanakan akan rampung dalam waktu satu bulan ke depan. 

"Ada 2.431 Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kecamatan Jatilawang yang akan diberi bantuan," ujar Rofik Kamilun, Pendamping Program kepada NU Online Kamis, (4/10) siang. 

Setiap rumah atau RTM lanjutnya, akan mendapat bantuan sebanyak 50 ekor ayam dan 300 Kg pakan ayam. Selain itu juga mendapatkan uang Rp500 ribu untuk biaya pembuatan kandang. 

"Setiap RTM akan mendapat 50 ekor ayam, dan 300 Kg pakan yang akan diberikan dalam 2 tahap, serta uang Rp 500 ribu untuk biaya pembuatan kandang ayam," lanjut Rofik. 

Jenis ayam yang dibagikan tersebut merupakan jenis ayam kampung Jowo Super (Joper) yang memiliki komoditas tinggi dan baik untuk dikonsumsi.  "Adanya program ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mayoritas warga NU," pungkas pria yang juga menjabat Ketua Ansor Jatilawang itu. 

Dalam proses penyaluran tersebut melibatkan Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Yogyakarta, Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas, Kapolsek Jatilawang, Danramil Jatilawang serta penyuluh pertanian setempat. 

Selain di Kecamatan Jatilawang, Kementan juga menyalurkan bantuan serupa di Kecamatan Pekuncen, Kecamatan Patikraja, dan Kecamatan Kalibagor. (Kifayatul Ahyar/Muiz)
Bagikan:
IMG
IMG