IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Banyak Kalangan Manfaatkan Teknologi untuk Keperluan Negatif

Jumat 5 Oktober 2018 19:30 WIB
Bagikan:
Banyak Kalangan Manfaatkan Teknologi untuk Keperluan Negatif
Jombang, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang, Jawa Timur kembali menggelar ngaji dakwah digital. Kegiatan berlangsung Jumat (5/10) di aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat. Ini kali kedua sebagai tindak lanjut dari kegiatan serupa yang diselenggarakan Ramadhan lalu.

Penekanan dalam kegiatan yang panitia namai Ngaji Dakwah Digital Part 2 ini lebih terfokus pada pembuatan audio dan video dakwah yang memantik perhatian warganet.

Wakil Ketua PCNU Jombang Didin Ahmad Sholahudin saat memberikan sambutan mengatakan, setiap peserta hendaknya mengikuti dengan sungguh-sungguh. Mengingat pelatihan demikian dinilai sangat penting pada era perkembangan teknologi seperti saat ini.

"Dan tugasnya nanti peserta membuat video yang memuat ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah. Yakni Islam toleran atau Islam rahmatan lil alamin," katanya.

Perkembangan teknologi menurutnya tidak melulu berdampak positif. Namun kadang sebaliknya, seseorang dan kelompok tertentu memanfaatkannya untuk hal-hal negatif. Misalnya menyebarkan video yang memuat ujaran kebencian juga informasi tidak benar atau hoaks.

"Untuk itu saya mendorong setelah kegiatan ini ada follow up untuk bagaimana bisa membuat video yang bagus dan menarik," ucapnya.

Secara umum menurut dia, video yang digandrungi warganet akhir-akhir ini adalah video yang simpel dan tak butuh durasi panjang.

"Misal video dakwah yang hanya 5 menit dengan memuat topik dakwah yang berkembang," imbuhnya.

Hadir pada kesempatan ini, puluhan peserta perwakilan dari beberapa lembaga dan badan otonom (Banom) NU. Tampak pula sebagai narasumber kegiatan akademisi yang sekaligus Pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jombang Mohamammad Ali Murtadho, pegiat teater dan video maker M Qowiyuddin Shofi serta praktisi video maker M Ali Ridho. (Syamsul Arifin/Ibnu Nawawi)

Bagikan:
Jumat 5 Oktober 2018 22:0 WIB
Lesbumi dan RMI NU Mojokerto Gelar Pelatihan Menulis Naskah Drama untuk Santri
Lesbumi dan RMI NU Mojokerto Gelar Pelatihan Menulis Naskah Drama untuk Santri
Santri Mojokerto latihan menulis naskah drama
Mojokerto, NU Online
Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018, Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) bekerjasama dengan Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) NU Mojokerto mengadakan pelatihan menulis naskah drama dan fragmentasi untuk para santri. 

Acara yang dilaksanakan pada Kamis-Jum'at (4-5/10) ini, bertempat di Pesantren Darul Falah, Jeruk Macan Jetis Mojokerto. Sebanyak 20 pesantren diundang untuk mengikuti acara tersebut, dan masing-masing diwakili oleh 2 santri. 

"Tujuan dari acara ini, agar santri bisa menulis naskah teater atau drama yang isinya diambil dari bab-bab yang ada pada kitab Fatchul Qorib," ungkap ketua PC Lesbumi Mojokerto, H Chmaim Kohari.  

Dikatakan, ke depannya setelah semua naskah itu terkumpul akan di jadikan buku antologi naskah drama yang sumbernya dari kitab kuning. "Nanti bila pelatihan ini bisa menumbuhkan minat para santri di Mojokerto, dan benar-benar mau berkarya tulis, hasil tulisannya akan kita kumpulkan jadi buku antologi naskah," imbuhnya. 

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini mengambil tema "Menulis Naskah Drama dan Fragmentasi dari Kitab Fathul Qarib" diharapkan peserta yang ditugaskan oleh masing-masing pesantren minimal harus sudah bisa membaca kitab kuning dengan lancar. 

Acara pelatihan ini disambut baik oleh pesantren di Mojokerto, sebagaimana disampaikan oleh pengasuh pesantren yang dipilih menjadi tempat kegiatan tersebut. Ia menyampaikan terima kasihnya atas kegiatan yang baru pertama kalinya ini. 

"Saya atas nama pengasuh juga mewakili semua pesantren yang telah mengirimkan santrinya, mengucapkan terima kasih pada Lesbumi dan RMI yang telah mengadakan pelatihan ini. Dan diharapkan kegiatan ini tidak hanya berhenti disini saja, tapi berkelanjutan," harapnya. 

Kegiatan yang hanya boleh diikuti oleh santri putra ini menghadirkan pemateri dari Sanggar Komunitas Tombo Ati Jombang. Para peserta diberi materi dasar tatacara menulis naskah, kemudian dilanjut dengan praktek langsung dan persentasi secara kelompok. (Ibnu Shomad/Muiz)

Jumat 5 Oktober 2018 20:30 WIB
Cinta Sang Nabi, Ansor Sidamulih Gelar Festival Shalawat Nusantara
Cinta Sang Nabi, Ansor Sidamulih Gelar Festival Shalawat Nusantara
Festival Shalawat Nusantara di Pangandaran, Jabar
Pangandaran, NU Online
Mengekspresikan kecintaan kepada Nabi, Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran Jawa Barat menggelar Festival Shalawat Nusantara (FSN), Kamis (4/10).

Ketua Panitia FSN Saefurrohman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk ekspresi kita sebagai umat Islam untuk mencintai Nabi. "Kita ekspresikan kecintaan kepada Nabi melalui Shalawat," katanya.

Saefurrohman yang juga Ketua Ansor Sidamulih Kabupaten Pangandaran kepada NU Online mengatakan, melalui FSN ini dapat membumikan shalawat di Nusantara. "Melalui FSN kami berharap dapat mengajak masyarakat untuk membiasakan bersholawat," harapnya.

Pelaksanaan FSN berjalan dengan lancar, diikuti oleh puluhan grup Shalawat yang berada si Kecamatan setempat. Bertindak sebagai Juri Ketua Lesbumi sekaligus Pengasuh Hidayatus Shaawat Kabupaten Pangandaran Imam Ibnu Hajjar, Wakil Ketua PC Muslimat NU Hj Yanti dan Anggota Kesenian Keddap Kabupaten Pangandaran Judin Abidin. 

Pemenang dari Lomba di tingkat Kecamatan nantinya akan ditandingkan di tingkat Kota. 

Sementara itu, Ketua PAC Fatayat NU Ina Nuraini yang hadir dalam festival shalawat mengajak kepada seluruh hadirin menyumbangkan sebagian hartanya untuk disalurkan kepada korban Gempa dan Tsunami di Palu. "Dalam FSN kami gelar juga donasi untuk korban bencana alam di Palu," terangnya.

Hasil dari Penggalangan tersebut nantinya akan diserahkan kepada Pengurus Wilayah Fatayat NU Jawa Barat untuk disalurkan kepada korban gempa di Palu. "Hasil penggalangan dana diserahkan kepada PW Fatayat Jabar," jelasnya. (Wahyu Akanam/Muiz)
Jumat 5 Oktober 2018 20:0 WIB
Sambut Jambore se-Banyumas, MTs Ma’arif NU Lakukan Persiapan
Sambut Jambore se-Banyumas, MTs Ma’arif NU Lakukan Persiapan
Banyumas, NU Online
Menjelang penyelenggaraan Jambore Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segala perhatian dan persiapan dilakukan sejumlah madrasah. Tak terkecuali bagi MTs Ma’arif NU 1 Patikraja.

Lomba Pramuka Penggalang MTs yang dikemas dalam bentuk perkemahan di alam terbuka ini akan digelar Jumat hingga Ahad (19-21/10) di Lapangan Desa Selanegara, Kecamatan Sumpiuh. 

Pembina Pramuka MTs Ma’arif NU 1 Patikraja, Muhammad Ibnu Royyan mengatakan materi pembinaan diberikan melalui latihan rutin dan pemusatan latihan di bawah bimbingan pembina. Peserta digladi latihan secara intensif sesuai dengan materi yang akan dilombakan.

“Peserta jambore MTs ini akan mengikuti delapan bidang perlombaan,” katanya, Jumat (5/10). Di antaranya lomba baris berbaris tongkat, yel-yel, penjelajahan (wide games), memasak, semaphore, morse bendera, karnaval dan pentas seni daerah. 

Seluruh lomba tersebut sedang dipersiapkan dan diujicobakan kepada peserta dalam latihan intensif di halaman madrasah setempat.   

Royyan menambahkan bahwa dirinya dan anak binaan optimis mampu bersaing dengan madrasah lain. “Terlebih dengan materi lomba wide games yang cukup menarik di dalamnya akan menambah semangat peserta,” kata alumnus Racana Pramuka IAIN Purwokerto itu.  

Materi lomba wide games di antaranya sandi, peta lapangan, menaksir lebar dan halang rintang. Kesemuanya akan dikemas dalam sebuah perjalanan yang menantang dan mendidik.

“Semoga melalui gladi latihan yang dilakukan, akan membuahkan hasil yang optimal dan membanggakan madrasah,” pungkasnya. (Musmuallim Ma’arif/Ibnu Nawawi)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG