Saat Buka MTQ, Jokowi Pimpin Kirim Al-Fatihah untuk Korban Bencana Alam

Saat Buka MTQ, Jokowi Pimpin Kirim Al-Fatihah untuk Korban Bencana Alam
Presiden Jokowi membukan MTQ Nasional di Medan Sumatera Utara
Presiden Jokowi membukan MTQ Nasional di Medan Sumatera Utara
Jakarta, NU Online
Presiden Joko Widodo memimpin peserta, tamu undangan dan masyarakat Sumatera Utara yang hadir pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-27 2018, Ahad (7/10) malam membaca surat Al-Fatihah untuk korban bencana alam dan keluarga yang selamat di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

“Saya mengajak bersama-sama kita mengirimkan fatihah untuk korban bencana dan para keluarga yang selamat agar diberi kesabaran dan ketabahan. Ala hadzihinniat Al-Fatihah,” ucap Jokowi.  

Jokowi mengajak masyarakat Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah agar selalu bersabar dalam menghadapi musibah yang menimpanya.

“Islam mengajarkan kita untuk bersabar, berikhtiar secara maksimal, berintrospeksi, mawas diri dalam menghadapi setiap musibah,” kata Presiden Jokowi saat memberikan kata sambutan pada Pembukaan MTQ diMedan Sumatera Utara.

Sebagaimana diketahui, rentetan gempa bumi yang terjadi di Nusa Tenggara Barat telah menelan korban sebanyak 500 jiwa. Sementara gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah telah memakan korban lebih dari 1600 jiwa. 

“Kita semua tentu tidak ingin musibah datang menghampiri kita, entah berupa bencana alam, penyakit maupun musibah lainnya, tetapi musibah adalah ujian bagi orang-orang yang beriman,” jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, Rasulullah telah mengajarkan kepada umatnya yang tertimpa musibah agar membaca doa.

“Sesungguhnya kami hanya milik Allah dan sungguh hanya kepadanya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala pada musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya,” ucap Jokowi mengutip sebuah hadits. (Husni Sahal/Muiz)
BNI Mobile