IMG-LOGO
Nasional
NU PEDULI SULTENG

NU Peduli Salurkan 1500 Paket Bantuan untuk Warga Sulteng


Rabu 17 Oktober 2018 18:10 WIB
Bagikan:
NU Peduli Salurkan 1500 Paket Bantuan untuk Warga Sulteng
Penyerahan simbolis bantuan NU Peduli kerja sama Alfamidi, Rabu (17/10)

Palu, NU Online 

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui NU Peduli Sulteng kembali menyalurkan bantuan untuk warga terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

Sebanyak 1.500 paket sembako, nutrisi ibu hamil dan balita diserahkan untuk warga Sulteng. Bantuan merupakan hasil kerja sama antara NU Peduli dengan Alfamidi.

Bantuan diserahkan secara simbolis dari Corporate Communication GM Alfamart, Ivan Hermawan kepada Ketua PBNU H Sulton Fatoni dan diteruskan kepada Ketua PWNU Sulteng H Abdullah Latopada.

Bantuan tersebut salah satunya menyasar pengungsi di Desa Sambo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. Di Desa Sambo, NU Peduli mendampingi 300 KK atau sekitar 2000 jiwa.

“Sembilan puluh persen rumah rusak berat. Warga juga belum bisa bekerja lagi,” kata Firdaus, warga desa setempat.

Ketua PBNU H Sulton Fatoni mengatakan bantuan masyarakat kepada warga terdampak bencana di Sulteng melalui NU Peduli pasti sampai dan tepat sasaran.

“PBNU memastikan bantuan warga untuk masyarakat terdampak bencana tepat sasaran menyasar kepada masyarakat yang memerlukan,” kata Sulton Fatoni di lokasi penyerahan bantuan, Pos NU Peduli, Perumahan Tavanjuka Mas, Kota Palu, Rabu (17/10).

Dikatakan, PBNU melalui NU Peduli akan terus mendampingi masyarakat Sulteng sampai masa pemulihan dan warga terdampak dapat beraktivitas seperti biasa.

Pihaknya mengatakan memasuki minggu ketiga pascabencana, aktvitas masyarakat terutama di Kota Palu sudah mulai pulih. Hal itu ditandai dengan mulai hidupnya aliran listrik dan telekomunikasi, demikian juga usaha perdagangan. Namun demikian ia prihatin karena banyak warga yang masih kesulitan mendapatkan air bersih.

“(Untuk mengatasi itu) Mereka harus berbagi air bersih dengan masyarakat kota dan warga yang terdampak,” terangnya.

Ia juga menjelaskan masyarakat di Sulteng, mengalami kesulitan yang diakibatkan oleh tiga bencana yaitu gempa bumi, tanah yang bergerak yang menyebabkan beberapa titik amblas, dan tsunami.

“Mari bersama-sama mendukung untuk Palu bangkit, Donggala bangkit, Sigi bangkit,” tegasnya.

Sementara itu, Corporate Communication GM Alfamart, Ivan Hermawan menyampaikan keprihatinannya atas bencana yang terjadi di Sulteng. Bantuan untuk warga terdampak gempa bumi, tsunami dan likuifaksi Sulteng merupakan hasil donasi kembalian pelanggan Alfamidi.

Ivan juga berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk warga terdampak dan memacu mereka untuk kembali bangkit. “Terima kasih kepada pelanggan Alfamidi yang telah menyumbang untuk warga Sulteng. Semoga warga Sulteng kembali bangkit sehingga bisa mengaktifkan kembali perekonomian mereka,” ujarnya. (Kendi Setiawan)

Bagikan:
IMG
IMG