Kata Mahfudh MD di Hari Santri 2018

Kata Mahfudh MD di Hari Santri 2018
Jakarta, NU Online
Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013, Mahfud MD, tidak ketinggalan mengucapkan ‘Selamat Hari Santri’ kepada seluruh santri di seluruh Indonesia.

“Selamat Hari Santri,” kata Mahfudh MD di akun Instagramnya, Senin (22/10).   

Di Hari Santri, Mahfudh mengingatkan bahwa santri memiliki peran yang tidak bisa dianggap remeh terhadap negeri ini, mulai dari merebut kemerdekaan hingga merumuskan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Peran para santri, tak terbantah, telah memberi bobot bagi perumusan cita negara dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Menurut Mahfudh, peran dan kiprah santri untuk Indonesia tidak hanya berupa pikiran dan gagasan, tapi juga perjuangan fisik.  

“Peran santri bukan hanya meramu ide bagi sosok Indonesia tapi juga berjuang dan berkorban secara fisik untuknya,” papar Mahfudh. 

Perlu diketahui, pada 2015 lalu Presiden RI Joko Widodo menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Sejak saat itu, setiap bulan Oktober insan santri –baik pesantren, ormas Islam, Kementerian Agama, ataupun pemerintah kabupaten/kota- di Indonesia memperingatinya dengan berbagai macam perayaan seperti lomba-lomba, hataman Al-Qur’an, pembacaan shalawat nariyah, apel akbar, dan lainnya. (Muchlishon)
BNI Mobile