Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Patikraja Banyumas Teruskan Semangat Sumpah Pemuda dengan Menjaga NKRI

Ansor Patikraja Banyumas Teruskan Semangat Sumpah Pemuda dengan Menjaga NKRI
Banyumas, NU Online
Gerakan Pemuda (GP) Ansor termasuk di dalamnya Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berkomitmen untuk turut menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Semangat itu ditunjukkan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90, Ahad (28/10).

GP Ansor dan Banser Patikraja ikut memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda di area Kantor Kecamatan Patikraja. Sekitar 30 anggota Ansor-Banser Patikraja mendominasi peserta upacara yang dihadiri oleh beberapa elemen baik pemerintahan, kepemudaan, dan siswa sekolah. Bahkan, satu anggota Banser Patikraja, ditugasi menjadi komandan upacara. 

Pemimpin Upacara sekaligus Plt Camat Patikraja, Edy Prayitno membacakan pesan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Dalam amanatnya, disebutkan bahwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928 dilaksanakan dengan semangat luar biasa.

"Bagaimana dengan keterbatasan transportasi, keterbatasan akses informasi, pemuda dari Maluku, Sumatera, Madura, Sulawesi, Jawa bisa berada di satu tempat," katanya. 

Dia mengatakan, harusnya di masa yang makin modern, semangat Sumpah Pemuda menjadi pemicu bangsa ini lebih maju.

"Seperti kata Bung Karno, jangan diwarisi abu Sumpah Pemuda. Tapi warisilah api Sumpah Pemuda," kata Edy.

Ketua GP Ansor Kecamatan Patikraja, Heri Setiawan mengatakan, GP Ansor dan Banser Patikraja bertekad meneruskan perjuangan para pemuda dan pemudi terdahulu yang sudah bersepakat berbangsa satu, berbahasa satu, dan bertanah air satu, yaitu Indonesia.

"Sumpah Pemuda menjadi pelajaran berharga bagi Ansor Banser. Sebab, semangat perjuangan dan pengorbanan para pemuda di masa lalu berperan dalam upaya meraih kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan," tegasnya. (Kholil Rokhman/Kendi Setiawan)

Posisi Bawah | Youtube NU Online