Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Banyumas Bentuk Lembaga Bantuan Hukum

Ansor Banyumas Bentuk Lembaga Bantuan Hukum
Pelantikan Pengurus BH Ansor Banyumas, Jateng
Pelantikan Pengurus BH Ansor Banyumas, Jateng
Banyumas, NU Online
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Banyumas mendirikan lembaga bantuan hukum. Lembaga ini ditujukan untuk memberikan advokasi sekaligus memberikan pendidikan tentang hukum kepada masyarakat.

Sebagai badan semi otonom, Peluncuran Lembaga Bantuan Hukum ini kali pertama dilakukan sekaligus anggotanya telah dilantik oleh PC GP Ansor Kabupaten Banyumas di Balai Desa Pliken, Kembaran, Banyumas Jumat (02/11) bersamaan dengan pembukaan kegiatan Diklatsar Banser dan PKD Ansor.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum Sarwono mengatakan, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor ingin memberikan pendidikan tentang segala peraturan2 terkait hukum yang ada kepada masyarakat luas dan khususnya kepada para  Anggota GP Ansor dan Banser di Wilayah Kabupaten .

"Dengan adanya LBH, kita memberikan penyuluhan, edukasi, dan sekaligus advokasi kepada masyarakat terlebih kepada Anggota Ansor dan Banser," ungkapnya.

Dia juga menambahkan, jika ketua dan anggota Ansor Banser sudah memahami dan menyadari segala macam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, maka akan dapat meminimalisir dari berbagai masalah dan tuntutan hukum.

"Di mana keberadaan suatu lembaga dengan suatu perencanaan yang matang dan sistematis serta metode kerja yang praktis akan memberikan penerangan-penerangan dan petunjuk-petunjuk untuk mendidik masyarakat agar lebih sadar dan mengerti hak-hak dan kewajiban-kewajibannya menurut hukum," ujar Sarwono.

Dikatakan, namun bila karena satu dan lain hal, ada warga NU yang terseret kasus hukum, maka lewat lembaga hukum yang dimiliki GP Ansor, akan memberikan bantuan hukum kepada mereka dan juga kepada masyarakat lainnya.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH)  yang kepengurusannya berasal dari  lintas generasi di lingkungan GP Ansor khususnya di Banyumas berasal dari berbagai fakultas dan bidang keilmuan penunjang.

Berikut susunan pengurus LBH Ansor Banyumas :
Ketua                : Sarwono  
Wakil Ketua      : Nanang Sugiri 
Sekretaris         : Adi Purnawan 
Bendahara        : Toto Setyawan

Anggota : Subkhan Hidayatullah, Aji Amirullah Efendi, Haqi Mabrur, Jofri Hartoni, Muhammad Yuni Mubashir, dan Abrori. (Red: Muiz)

BNI Mobile