IMG-LOGO
Daerah

Ini Langkah Fatayat Banyumas Sikapi Kemajuan Teknologi

Rabu 7 November 2018 13:30 WIB
Ini Langkah Fatayat Banyumas Sikapi Kemajuan Teknologi
Pelatihan Corel Draw PC Fatayat Banyumas
Banyumas, NU Online
Suasana pelatihan tampak begitu hidup, para peserta terlihat begitu aktif bertanya tentang bagimana cara menggunakan aplikasi desain grafis Corel Draw. Narasumber pun tampak sedikit keteteran ketika dihujani banyak sekali pertanyaan oleh peserta.

Suasana semakin bertambah mengasyikan, saat puluhan kader Fatayat, para peserta pelatihan, antusias dan serius melakukan praktek langsung mendesain dengan Corel Draw.

Begitulah suasana Pelatihan Corel Draw bertajuk My Creation is My Feeling yang digelar Ahad, (4/11) di Aula Universitas NU Purwokerto. Pelatihan ini menjadi awal pembuka dari serangkaian kegiatan PC Fatayat NU Banyumas di bulan November 2018.

Terjadinya percepatan arus kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengkondisikan masyarakat untuk bisa adaptif. Percepatan teknologi informasi merambah tidak hanya di dunia pendidikan, akan tetapi juga merambah di dunia bisnis, organisasi dan lain lain.

Di bidang organisasi, teknologi informasi komputer merupakan komponen utama yang mempengaruhi struktur dan berfungsinya suatu organisasi. Imbasnya adalah adanya otomasi, disintermediasi dan integrasi.

"Jadi sebuah keniscayaan bahwa setiap kader dan anggota Fatayat perlu untuk membekali dan mengasah kemampuan diri di bidang IT," kata Eva Lutfiati Khasanah, Ketua PC Fatayat Banyumas.

Pelatihan siang itu terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama peserta diajak oleh narasumber berkenalan terlebih dahulu dengan aplikasi Corel Draw, termasuk mengenal sejarah, versi serta berbagai macam ikon dan menu di dalam corel draw.

Corel Draw, merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC, baik itu untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.

"Keunggulan mengolah gambar berbasis vector adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap," jelas Tohjiwo Wiji Asmara, narasumber seminar.

Pada sesi kedua, peserta diajarkan tentang teknik membuat berbagai bentuk logo, kreasi spanduk dan olah image, teknik membuat desain flyer, poster, brosur di Corel Draw. Dan sesi terakhir, yaitu pengaplikasian materi Corel Draw (praktik).

Pelatihan ini digelar untuk memberikan bekal kepada generasi NU dalam kemampuan program-program pengolah gambar. Kegiatan ini juga merupakan wadah untuk membina bakat dan minat generasi NU dalam hal kemampuan mengolah data dan mengkreasikannya dengan gambar melalui aplikasi Corel Draw.

"Karena jika SDM dalam sebuah organisasi memiliki kemampuan dibidang IT yang mumpuni, maka akan memberikan kontribusi positif bagi organisasinya untuk menjadi lebih unggul, dan eksis di tengah masyarakat," jelas Ernawati, Ketua penyelenggara pelatihan.

Pada kesempatan itu, turut hadir pula KH Toefur Arafat Wakil Rais Syuriah PCNU Banyumas, serta menghadirkan dua Freelance designer Tohjiwo Wiji Asmara dan Swasti Sekar Asmarani sebagai narasumber pelatihan. (Kifayatul Ahyar/Muhammad Faizin)
Bagikan:
IMG
IMG